Pasar Semawis, Tempat Wisata Kuliner Semarang yang Legendaris

SEMARANG - Bagi Anda yang ingin liburan ke Semarang, Pasar Semawis merupakan salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Pasar Semawis merupakan tempat wisata kuliner khas Semarang yang legendaris.

Pasar yang juga dikenal sebagai Waroeng Semawis itu berada di kawasan pecinan Kota Semarang, tepatnya di sepanjang jalan Gang Warung. Dilansir dari Instagram resmi @waroengsemawissemarang, pasar ini buka hanya pada akhir pekan, tepatnya setiap Jumat sampai Minggu di malam hari.

Berdasarkan situs Indonesia Travel, para pedagang Pasar Semawis menjual makanan dan minuman khas Semarang, yang dipengaruhi oleh Indonesia dan China. Anda bisa menyusuri sepanjang gang dan akan menemukan berbagai kuliner khas yang menggiurkan dan legendaris.

Mulai dari soto, tahu gimbal, nasi ayam, lumpia, pisang plenet khas Semarang, es puter, kue serabi, hingga bubur kacang. Berbagai macam dessert atau makanan pencuci mulut juga tersedia.

Pada postingan Instagramnya juga terdapat beberapa toko kuliner yang direkomendasikan untuk dicoba di Pasar Semawis. Seperti Tahu Gimbal Semarang Dapoer Bu Tet, Jamu Jun Bu Mus Riah, hingga Loempia Java, yang menyajikan lumpia goreng dan lumpia goreng.

Selain menjadi tempat wisata kuliner, Pasar Semawis juga dilengkapi dengan berbagai acara hiburan. Terdapat pertunjukkan musik yang hadir setiap akhir pekan di pasar ini, yang diisi oleh musisi-musisi lokal.

Tak hanya itu, terdapat juga kegiatan hiburan lain yang disesuaikan dengan tema hari-hari besar di Indonesia. Sering juga diadakan beberapa lomba yang bisa diikuti pengunjung, seperti lomba makan dengan cepat.