Cara Baru Menjelajah Kawasan Greater Bay Area dalam Satu Perjalanan untuk Para Gen Z

JAKARTA - Greater Bay Area (GBA) adalah kawasan teluk terbesar dengan perkembangan paling pesat di dunia. Area ini menghubungkan Hong Kong, Makau, dan sembilan kota di provinsi Guangdong: Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Zhongshan, Dongguan, Huizhou, Jiangmen, dan Zhaoqing.

Bagi Anda yang tertarik ingin menjelajah deretan wilayah tersebut, kini bisa dilalui dengan mudah. Ya, lebih dari separuh populasi Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial, yang selalu ingin menjelajahi destinasi dan pengalaman baru, kawasan ini pun menghadirkan perpaduan unik antara tradisi dan modernitas, di samping pilihan hiburan tingkat dunia.

Hong Kong menyajikan lanskap perkotaan yang dinamis, kaya akan sejarah, pemandangan ikonik, serta kelezatan kuliner yang ramah muslim. Macao menawarkan perpaduan budaya Portugis dan Tiongkok, menjadikannya pusat rekreasi dan eksplorasi budaya. Guangzhou sesuai dengan namanya merupakan kota yang dinamis dengan perpaduan memikat kuil-kuil kuno, arsitektur modern, dan berbagai pasar yang semarak, sementara Shenzhen menghadirkan kontras yang unik antara situs-situs bersejarah dan kemajuan teknologi modern, sehingga mengajak para pengunjung untuk menjelajahi perjalanan yang transformatif dari masa lalu hingga sekarang.

Melalui Hong Kong Tourism Board (HKTB), bekerja sama dengan Department of Culture and Tourism of Guangdong Province dan Macao Government Tourism Office (MGTO), secara resmi meluncurkan kampanye Greater Bay Area (GBA) di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan endorong wisatawan Indonesia menjelajahi GBA dalam liburan multi-destinasi yang penuh dengan pengalaman wisata yang beragam dan mengesankan.

Wisatawan juga dapat menikmati infrastruktur kelas dunia seperti kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Hong Kong dengan Guangdong dan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao yang memastikan konektivitas tanpa hambatan di antara 9 kota di Provinsi Guangdong (Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Huizhou, Dongguan, Zhongshan, Jiangmen, Zhaoqing) serta 2 Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan Macao (9+2 kota). Peluncuran ini juga sekaligus memperkenalkan situs web pariwisata GBA yang komprehensif, beragam program paket wisata, dan serangkaian kegiatan promosi, yang akan semakin meningkatkan daya tarik GBA bagi masyarakat Indonesia.

Ms Becky Ip, Deputy Executive Director of Hong Kong Tourism Board, mengungkapkan, lokasi Hong Kong yang strategis dan konektivitas yang terpadu telah menempatkan kota ini sebagai pintu gerbang yang sempurna menuju GBA.

"Dengan bekerja sama dengan mitra kami di Guangdong dan Macao, kami sangat senang dapat menghadirkan pengalaman unik dan beraneka ragam yang ditawarkan GBA. Menekankan upaya berkelanjutan Hong Kong sebagai destinasi ramah muslim, dan berbagai hidden gems menarik yang menunggu untuk ditemukan di seluruh kota, kami percaya bahwa kampanye GBA akan semakin menginspirasi wisatawan Indonesia, terutama Gen Z dan Milenial, untuk menemukan pengalaman unik mereka sendiri dalam menjelajahi kawasan ini dan menciptakan perjalanan yang tak terlupakan," katanya melalui siaran resmi yang diterima Voi.id.

Mr Chen Gui Jie, Inspector at Level 2, Department of Culture and Tourism of Guangdong Province, mengatakan, Guangdong sangat senang menjadi bagian dari kampanye Greater Bay Area karena kampanye ini membuka peluang baru bagi kami untuk lebih meningkatkan kesadaran akan perpaduan budaya yang kaya dan nuansa modern yang energik di kota-kota kami kepada wisatawan Indonesia.

"Dengan konektivitas yang komprehensif antara Guangdong, Hong Kong dan Macao, perjalanan multi-destinasi menjadi lebih mudah dan tanpa hambatan bagi wisatawan Indonesia, terutama bagi keluarga, dalam menjelajahi berbagai atraksi budaya dan wisata yang ramah bagi keluarga," ucap Mr Chen Gui Jie.

Deputy Director of Macao Government Tourism Office, Mr Cheng Wai Tong, mengatakan bahwa World Heritage “The Historic Centre of Macao” dan statusnya sebagai UNESCO Creative City of Gastronomy merupakan daya tarik utama Macao di bidang pariwisata.

Ia berharap acara promosi di Indonesia ini akan semakin menunjukkan keunikan simfoni budaya Timur dan Barat serta luasnya “tourism +”, juga daya tarik Macao sebagai pusat pariwisata dan rekreasi dunia. Ia menyambut para wisatawan Indonesia dan Asia Tenggara untuk memanfaatkan kemudahan perjalanan multi-destinasi, yang dapat membawa mereka merasakan semangat, pesona, dan atraksi unik dari berbagai kota di seluruh Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area dalam satu kali perjalanan.

Berikut kemudahan menjelalah GBA untuk para Gen Z.

1. Kebijakan transit bebas visa ke GBA melalui Hong Kong

Sebagai hub internasional, Hong Kong menjadi titik awal yang ideal untuk petualangan di GBA. Dengan konektivitas kelas dunia, wisatawan dapat dengan mudah memulai eksplorasi wilayah GBA dari Hong Kong, dengan memanfaatkan kebijakan transit bebas visa 144 jam yang memfasilitasi perjalanan lebih mudah ke kota-kota di Tiongkok Daratan yang termasuk dalam GBA. Kebijakan ini semakin meningkatkan daya tarik dalam mempersiapkan rencana perjalanan multi-destinasi, sehingga wisatawan dapat merasakan pengalaman yang ditawarkan GBA.

2. HKTB meluncurkan microsite khusus GBA

Sebagai solusi lengkap untuk semua hal terkait GBA, HKTB juga meluncurkan microsite berbahasa Indonesia. Pengunjung dapat menemukan atraksi dan pengalaman di “9+2 kota” yang ada di GBA berdasarkan empat pengalaman utama, yaitu “Kuliner Lokal”, “Budaya & Warisan Budaya”, “Taman Hiburan Seru”, dan “Festival & Perayaan”. Situs web ini juga menyediakan rencana perjalanan yang telah dikurasi dan informasi yang berguna mengenai mata uang, pembayaran, dan transportasi, dll.

3. Kemitraan strategis untuk meningkatkan pengalaman wisatawan Indonesia

Menyadari meningkatnya minat wisatawan Indonesia untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi, HKTB telah menjalin kemitraan strategis dengan ASTINDO, asosiasi agen perjalanan terkemuka di Indonesia, dan Traveloka, platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan kampanye GBA, menawarkan wisatawan Indonesia akses yang mudah untuk mendapatkan paket perjalanan dan penawaran promosi. Inisiatif ini dirancang untuk menjadikan GBA sebagai tujuan wisata utama bagi masyarakat Indonesia, memberikan mereka kenyamanan dan nilai tambah.

3. Menikmati penawaran ramah muslim di GBA

GBA berkomitmen untuk menjadi destinasi yang ramah bagi semua wisatawan serta menjadi destinasi ramah muslim. Di seluruh kawasan GBA, pengunjung akan menemukan beragam pilihan makanan Halal, sehingga wisatawan muslim dapat menikmati perjalanan mereka tanpa khawatir dalam memilih makanan. Komitmen terhadap inklusivitas ini mencerminkan dedikasi GBA dalam menyediakan pengalaman perjalanan yang beragam dan akomodatif.

4. Program TV yang menampilkan atraksi-atraksi di GBA

Tak hanya itu, selebriti Indonesia, Bastian Steel dan Sitha Marino, diundang untuk mengunjungi Hong Kong, Macao, Guangzhou, dan Shenzhen untuk program perjalanan “Celebrity on Vacation”. Mereka menikmati liburan sambil memperkenalkan kepada para penonton situs-situs warisan budaya dan atraksi menarik di setiap kota. Program ini akan ditayangkan di YouTube, saluran TV lokal Indonesia dan platform media online mulai tanggal 28 September. Selama acara peluncuran, kedua pembawa acara juga berbagi pengalaman kunjungan mereka dan memberikan cuplikan dari program tersebut.