Israel Serang Lagi Damaskus Suriah, 3 Warga Sipil Tewas

JAKARTA - Tiga warga sipil tewas dan tiga lainnya luka-luka dalam serangan udara Israel di ibu kota Suriah, Damaskus.

Reuters melansir kantor berita pemerintah Suriah SANA mengutip sumber militer melaporkan serangan udara Israel menargetkan sebuah bangunan perumahan di pinggiran Mezzah di Damaskus barat, Rabu, 2 Oktober.

Israel telah melakukan serangan terhadap sasaran-sasaran yang terkait dengan Iran di Suriah selama bertahun-tahun, namun telah meningkatkan serangan tersebut sejak serangan 7 Oktober tahun lalu oleh kelompok militan Palestina Hamas di wilayah Israel.

Sebelumnya dalam serangan terpisah, Safaa Ahmed, seorang pembawa acara televisi terkenal Suriah, tewas bersama dua orang lainnya dalam serangan Israel di Damaskus.

“Otoritas Umum Radio dan Televisi mengumumkan kematian pembawa acara Safaa Ahmed sebagai seorang martir menyusul agresi berbahaya Israel di ibu kota, Damaskus,” kata laporan itu dikutip CNN, Selasa, 1 Oktober.

Kementerian Pertahanan Suriah mengatakan militer Israel menargetkan Damaskus dengan drone dan pesawat sekitar pukul 02.00 waktu setempat dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

“Sistem pertahanan udara kami menghadapi rudal dan drone agresi dan menembak jatuh sebagian besar dari mereka,” kata kementerian itu, seraya menyebut tiga warga sipil dan sembilan lainnya terluka akibat serangan tersebut.