Kia Laris di AS, Model Ini Paling Disukai

AKARTA – Merek otomotif asal Korea Selatan, Kia menutup bulan September dengan gemilang di pasar Amerika Serikat (AS) dengan mencatatkan penjualan sebanyak 58.913 unit. Pencapaian ini didorong oleh tren positif di segmen kendaraan listrik (EV) dan plug-in hybrid (PHEV).

Vice President Sales Operations Kia America Eric Watson, menyatakan bahwa penjualan kendaraan elektrifikasi Kia naik dua digit, dengan penjualan EV melonjak 43 persen dan PHEV tumbuh 11 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kenaikan penjualan dua digit untuk EV dan PHEV menunjukkan bahwa Kia terus memimpin dalam transisi industri menuju elektrifikasi," ujar Watson dalam keterangan resminya, Rabu, 2 Oktober, di situs resmi Kia.

Selain kendaraan elektrifikasi, penjualan mobil bergaya SUV juga mengalami peningkatan signifikan pada September 2024, menyumbang 74 persen dari total penjualan bulanan. Sementara itu, 17 persen dari volume penjualan bulan ini berasal dari kendaraan listrik.

Sportage tetap menjadi bintang utama Kia, dengan penjualan mencapai 11.163 unit, diikuti oleh Telluride dengan 8.699 unit, dan Forte sebanyak 7.400 unit. Sementara itu, Sorento menduduki peringkat keempat dengan 6.572 unit, dan K5 melengkapi lima besar dengan 4.898 unit.

Di segmen kendaraan listrik, EV9 tampil sebagai jawara dengan 2.096 unit terjual, diikuti oleh EV6 yang mencatatkan penjualan 1.612 unit. Niro, yang hadir dalam versi bensin dan EV, menyumbang 1.687 unit.

Secara keseluruhan, selama sembilan bulan pertama tahun ini, Kia berhasil mengumpulkan total penjualan sebesar 584.170 unit di pasar AS, memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain kunci dalam industri otomotif global.