Indonesia Latihan Bareng Korea Selatan sebelum Tampil di IFSC World Cup 2024

JAKARTA – Tim panjat tebing Indonesia akan berlatih bersama tuan rumah Korea Selatan terlebih dahulu sebelum tampil pada Piala Dunia atau IFSC World Cup 2024 pekan ini di Seoul.

Rombongan Indonesia sudah bertolak ke sana sejak pekan lalu untuk menghadapi ajang yang akan berlangsung pada 2-6 Oktober 2024. Total ada 14 atlet yang diturunkan untuk turnamen ini.

Pelatih panjat tebing Indonesia, Hendra Basri, mengatakan bahwa pertandingan sebenarnya baru digelar pada 4 Oktober 2024, tetapi tim berangkat lebih awal karena harus mengikuti agenda latihan di sana.

"Atlet-atlet kami agendanya berlatih bersama Korea Selatan. Kami mendapat undangan untuk berlatih bersama," ujar Hendra di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Rabu, 2 Oktober 2024, siang WIB.

Termasuk di dalam rombongan tersebut adalah atlet speed putra Veddriq Leonardo, yang meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024 baru-baru ini. Namun, Hendra tidak bisa berangkat karena alasan keluarga.

Pada nomor speed putra, nama-nama yang berangkat menemani Veddriq adalah Aspar Jaelolo, Alfian Muhammad Fajri, Kiromal Katibin, Rahmad Adi Mulyono, dan Raharjati Nursamsa.

Adapun delapan nama lainnya terdiri dari dua lead putra dan enam speed putri. Dua nama dari lead putra, yakni Ravianto Ramadhan dan Raviandi Ramadhan.

Sementara itu, di speed putri ada Nurul Iqamah, Desak Made Rita Kusuma Dewi, Alivany Ver Khadijah, Puja Lestari, Susan Nur Hidayah, dan Rajiah Sallsabillah.

IFSC World Cup 2024 merupakan seri kesembilan tahun ini atau seri pemungkas. Ini adalah ajang penting pertama yang diikuti pepanjat Indonesia selepas Veddriq berjaya di Perancis.

Hendra menjelaskan bahwa Piala Dunia di Seoul ini penting buat mengumpulkan poin agar Indonesia bisa mendapat kuota maksimal untuk seri Piala Dunia tahun depan.

"Kalau kami tidak punya poin yang cukup, kemungkinan besar kuota untuk mengikuti seri World Cup tahun depan itu akan berkurang," tutur Hendra.

Kuota per negara sebenarnya cuma dua, masing-masing dua putra dan dua putri. Jika Indonesia masuk 10 besar maka otomatis akan mendapatkan tambahan atlet melalui fasilitas wildcard.

IFSC World Cup Seoul 2024 akan berlangsung di Kangnam Spots Climbing Center. Jumlah atlet edisi kesembilan dari seri Piala Dunia IFSC 2024 tersebut akan memecahkan rekor.

Total tercatat ada 268 atlet yang berkompetisi, terdiri dari 157 putra dan 111 putri. Mereka semuanya mewakili 42 negara dari lima benua.