Gaya Unik Novi Liana Kenakan Kostum Restoran Padang di Miss Grand Internasional 2024

JAKARTA - Miss Grand Indonesia 2024 Nova Liana mewakili Indonesia di Miss Grand International 2024 yang akan digelar di Kamboja dan Thailand pada 3-25 Oktober 2024. Menjelang keberangkatan, Nova Liana sudah mempersiapkan sejumlah persiapan, termasuk kostum nasional yang menunjukkan keindahan pesona Indonesia.

Di tahun ini, Nova Liana mengenakan kostum nasional yang terinspirasi dari masakan Padang yang di desain oleh Annisa Banyuwangi. Kostum bernuansa merah itu di desain khas Rumah Gadang di Sumatera Barat. Kostum itu memperlihatkan bagian lengan dan punggung dilengkapi aksen atap Rumah Gadang yang melengkung bak tanduk.

Dalam foto tersebut, Nova Liana merentangkan tangannya yang terdapat sederet makanan khas Padang ditata di atas piring bertumpuk. Makanan tersebut diantaranya rendang, telur barendo, dendeng, gulai babat, hingga daun singkong.

(Tangkapan layar Instagram)

Momen Nova Liana yang mengenakan kostum restoran Padang terungkap lewat unggahan akun Instagram Yayasan Dunia Mega Bintang. Yayasan Dunia Mega Bintang menggandeng Rumah Makan Payakumbuh milik Arief Muhammad berkolaborasi di ajang Miss Grand International 2024.

Rumah makan Payakumbuh akan menjadi tema National Costume. Akun tersebut menyebut kostum itu dinamai 'The Royal Flavors or Payakumbuah'.

"Mahakarya menakjubkan ini merupakan penghormatan terhadap kekayaan budaya dan warisan kuliner daerah Payakumbuah yang dirancang oleh Annisa Banyuwangi," tulisnya, dikutip dari akun Instagram @yayasanduniamegabintang.

Setiap detail busana dirancang dengan penuh perhitungan, memadukan keindahan busana dengan kekayaan kuliner Sumatera Barat, sehingga tak hanya menonjolkan kecantikan, tetapi kekayaan budaya Indonesia.

"Terinspirasi dari tradisi Masakan Padang dan beragam hidangan lezatnya, dilambangkan dengan tampilan rumit masakan Minangkabau yang disajikan di atas nampan besar. Desainnya dengan sempurna menggambarkan kebanggaan budaya Indonesia dan kecintaannya yang mendalam terhadap makanan," tambahnya.

Nova berangkat pada 3 Oktober 2024. Selama di Cambodia dan Thailand, Nova ditemani oleh Dardo Siregar selaku Head of Creative Yayasan Dunia Mega Bintang. Pada 20 Oktober 2024, Nova akan memamerkan kostum bertema masakan Padang di ajang National Costume Competition. Nova bakal tampil di malam Grand Final Miss Grand International yang akan diadakan di Bangkok pada 25 Oktober 2024.