Bagikan:

JAKARTA - Putri Indonesia Lingkungan 2024, Sophie Kirana akan menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss International 2024 yang berlangsung di Tokyo Dome City Hall, Jepang. Kompetisi ini diselenggarakan pada 29 Oktober hingga 12 November 2024.

Sophie akan memulai menjalani karantina untuk kompetisi Miss International 2024 pada 29 Oktober mendatang. Ia membawa kostum nasional Ratu Karo yang didominasi dengan warna merah sebagai lambang semangat.

Berikut 5 gaya Sophie Kirana yang pamer mengenakan kostum batak karo di Miss International 2024, seperti dilansir VOI di akun Instagram @officialputeriindonesia pada Selasa, 22 Oktober 2024.

1. Ratu Karo Mountain Majesty: The Resplendent Attire of Karo Wome

Yayasan Puteri Indonesia telah menyiapkan kostum nasional Batak Karo untuk Sophie Kirana yang bakal tampil di Miss International 2024. Ia akan memakai kostum dengan tema Ratu Karo Mountain Majesty: The Resplendent Attire of Karo Wome.

2. Keanggunan dan kekuatan budaya Batak Karo

Dibagian keterangan Instagram Puteri Indonesia, kostum batak Karo berasal dari dataran tinggi Sumatera Utara. Busana ini mencerminkan keanggunan dan kekuatan budaya Batak Karo. Busana tradisional wanita Batak Karo memiliki makna yang mendalam, dari setiap helai kain hingga setiap simpul yang dibentuk dengan rumit.

3. Makna Kain Ulos

Kain ulos yang dikenakan lebih dari sekadar pakaian. Kain ulos melambangkan kekuatan, kemurnian, dan kehormatan. Warna merah berani melambangkan semangat, hitam menyampaikan kekuatan, dan putih menggambarkan kemurnian jiwa. Setiap motif dalam kain ini menceritakan kisah para leluhur yang dengan teguh menjunjung tinggi adat istiadat.

4. Sorban Karo

Sorban Karo yang dililitkan dengan elegan merupakan simbol status dan kehormatan di kalangan wanita Karo. Dengan detailnya yang rumit dan makna yang kaya, serban mencerminkan hubungan yang mendalam antara manusia, alam, dan leluhur. Lebih jauh, manik-manik dan perhiasan emas yang menghiasi leher menambah kesan cemerlang, melambangkan kekayaan spiritual dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi.

5. Tonjolkan Keterampilan dan Ketekunan Wanita Karo

Pakaian adat Karo tidak hanya memamerkan kecantikan fisik tetapi juga menonjolkan keterampilan dan ketekunan wanita Karo, yang dengan sabar menenun kain mereka sendiri. Setiap helai tenunan mencerminkan kearifan lokal yang terus berkembang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Karo.