Jelang Touring Akbar Honda Bikers Day, Ratusan Bikers Ikuti Pelatihan P3K Bareng WMS

JAKARTA – Ratusan bikers dari Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT) mengikuti pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) yang diadakan oleh Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta - Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS). Pelatihan ini digelar sebagai persiapan menjelang touring menuju acara akbar Honda Bikers Day (HBD) 2024 di Magelang, Jawa Tengah.

Perjalanan menuju Magelang yang memakan waktu cukup lama dan melewati berbagai medan menantang membuat WMS memandang pentingnya pelatihan ini. Para bikers harus memahami langkah-langkah awal dalam menghadapi situasi darurat di jalan, terutama jika terjadi kecelakaan.

Dengan kondisi jalan yang tidak selalu bisa diprediksi, persiapan matang menjadi kunci utama dalam menyusuri rute dari Jakarta ke Magelang. Selain harus siap menghadapi berbagai tantangan, pengendara juga perlu memahami aspek keselamatan berkendara yang baik agar perjalanan tetap aman.

“Para pengendara wajib memahami apa yang harus dilakukan jika menghadapi kendala di jalan, terutama jika terjadi kecelakaan. Kami memberikan bekal P3K kepada ratusan bikers ini sebagai langkah persiapan,” ujar Div. Head of Marketing Planning & Analyst PT WMS Andra Friandana, melalui keterangan resminya Rabu, 2 Oktober 2024.

Selain pelatihan P3K, tim Safety Riding Promotion (SRP) PT WMS juga memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya keselamatan berkendara. Beberapa hal yang wajib dipatuhi oleh para bikers antara lain adalah mematuhi rambu lalu lintas dan menggunakan perlengkapan keselamatan yang lengkap, seperti sarung tangan, jaket, helm, sepatu, dan celana panjang.

Tak hanya soal teknik berkendara, menjaga kondisi fisik juga sangat penting. Mengingat cuaca panas dan hujan bisa menjadi tantangan, bikers diimbau untuk selalu waspada dan segera beristirahat jika merasa lelah. Memaksakan diri hanya demi mencapai tujuan lebih cepat bisa berisiko tinggi dan menimbulkan kecelakaan fatal.

"Jangan terburu-buru hanya karena ingin cepat sampai. Patuhi rambu lalu lintas, tetap tenang, dan istirahatlah di tempat yang aman jika merasa lelah, walaupun hanya untuk meluruskan badan,” tambah Andra.

Acara Honda Bikers Day 2024 akan digelar pada 26 Oktober 2024 di lapangan Rindam IV Diponegoro, Magelang, Jawa Tengah, dan akan diikuti oleh lebih dari 30.000 bikers dari seluruh Indonesia, merayakan kebersamaan dan semangat persaudaraan.