China Open 2024: Osaka Cedera, Gauff Lolos Delapan Besar

JAKARTA – Coco Gauff mendapat tiket ke babak perempat final China Open 2024 setelah lawannya asal Jepang, Naomi Osaka, mundur dari laga karena mengalami cedera.

Ketika mantan petenis nomor satu dunia itu tidak bisa melanjutkan laga, kedua petenis tersebut tengah dalam kedudukan imbang pada Selasa, 1 Oktober 2024, malam WIB.

Osaka memutuskan menarik diri akibat masalah pada punggung bagian bawah.

"Saya berharap Naomi cepat pulih. Tidak ada yang ingin memenangi pertandingan seperti ini," ujar Gauff seperti dilansir dari BBC Sport.

Masalah itu membuat Osaka, yang punya koleksi empat gelar Grand Slam, sempat memanggil fisioterapis pada set pertama. Namun, ia terus berjuang dan berhasil memenangi set itu dengan skor 6-3.

Gauff, yang memenangi Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open 2023, kemudian membalas dengan mematahkan servis pada kesempatan pertama di set kedua.

Osaka segera merespons dan bahkan mendapatkan keunggulan break 4-3. Akan tetapi, Gauff bangkit dan mematahkan servis dua kali untuk memenangi tiga gim berturut-turut dan menutup set itu dengan skor 6-4.

Gauff yang merupakan unggulan keempat di turnamen ini, selanjutnya akan menghadapi petenis Ukraina, Yulia Starodubtseva, yang menyingkirkan petenis Rusia, Anna Kalinskaya.

Raihan ini merupakan babak perempat final kedua beruntun yang dipijak Gauff di ajang ini. Tahun lalu, ia berhasil melewati babak ini, tetapi kandas di semifinal melawan Iga Swiatek.

Swiatek, asal Polandia, yang melaju sampai babak final kemudian keluar sebagai juara usai menghentikan petenis Rusia, Liudmila Samsonova, dalam pertarungan dua set.