Model 2025 dari Motor Honda NT1100 Hadir dengan Sejumlah Peningkatan, Intip Perubahannya

JAKARTA - Honda baru saja meluncurkan versi peningkatan dari NT1100 sebagai model 2025 untuk para pelanggan di Eropa. Motor yang jadi pesaing BMW S 1000 XR, Yamaha Tracer 9, dan Kawasaki Versys 1000 ini kini diperbarui berdasarkan hasil masukan dan keluhan konsumen atas versi sebelumnya.

Melansir dari laman Honda Europe, Rabu, 2 Oktober, salah satu sorotan pada motor adventure tersebut ialah terdapat varian bernama Electronic Suspension dengan menghadirkan sistem suspensi semi-aktif dari Showa-EERA bagi pengendara yang ingin lebih leluasa dalam berkendara.

Honda juga telah sepenuhnya mendesain ulang berbagai hal pada motor ini, salah satunya bagian fairing lebih ramping yang sebagian terbuat dari Durabio yang ramah lingkungan. Kemudian, pabrikan juga memperpanjang elemen mudguard belakang sebesar 150 mm.

Kursi jok bagian belakang pada NT1100 kini lebih besar 20 persen dan kapasitas keranjang samping bertambah hingga 4 liter dengan kiri menjadi 37 liter dan kanan menjadi 36 liter.

Bagian luar juga dilengkapi lampu DRL bersamaan dengan lampu depan proyektor LED kembar. Fitur lainnya yang menjadi standar pada motor tersebut yakni pegangan berpemanas, soket daya USB dan ACC, serta layar TFT 6,5 inci dengan konektivitas Bluetooth dan Apple CarPlay maupun Android Auto.

Pabrikan dari Jepang ini juga memberikan elemen dari Africa Twin ES pada NT1100 2025, seperti tiga mode suspensi terdiri dari Urban, Tour, Rain, dan User yang dapat disesuaikan dengan selera pengendara.

Fitur ini bekerja secara otomatis memvariasikan redaman di kedua ujungnya dalam waktu 15 milidetik dan pengendara dapat mengubah preload pegas secara halus melalui 24 langkah saat bergerak.

Berbicara performa, NT1100 2025 ditenagai mesin parallel-twin yang dapat menghasilkan tenaga 100 dk yang sama seperti sebelumnya. Namun, peningkatannya justru terletak pada sistem bahan bakar, intake, pembakaran, dan knalpot yang memperoleh kenaikan sebesar 7 persen pada kurva torsi rendah.

Motor tersebut juga dilengkapi dengan Inertial Measurement Unit (IMU) enam sumbu untuk pertama kalinya. Ini menawarkan fungsi responsif sudut tidak hanya pada ABS tetapi juga HSTC tiga tingkat serta dihadirkan Rear Lift Control.

Sistem dual-clutch transmission (DCT) juga telah disempurnakan dengan start lebih mulus dari posisi diam, kontrol kecepatan rendah yang ditingkatkan, hingga waktu pergantian gigi yang direvisi untuk mempertimbangkan peningkatan karakteristik torsinya.

Honda membanderol motor tersebut senilai 12.679 poundsterling (Rp256,7 juta) pada versi standar dan 14.099 poundsterling (Rp285,4 juta) untuk tipe Electronic Suspension.