Pimpin DPR Bersama Puan dan Dasco, 3 Wakil Ketua DPR baru Janji Bakal Ikut Jaga Kepercayaan Rakyat

JAKARTA - Rapat Paripurna telah menetapkan lima pimpinan DPR periode 2024-2029. Puan Maharani tetap sebagai Ketua DPR didampingi Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Cucun Syamsurijal, dan Saan Mustopa. 

Sebagai pimpinan baru, ketiga wakil ketua DPR RI yakni Adies Kadir, Cucun Syamsurijal dan Saan Mustopa berjanji untuk menjaga kepercayaan rakyat Indonesia bersama Puan Maharani dan Sufmi Dasco. Dengan cara meningkatkan kinerja DPR, mengikuti seluruh kegiatan pimpinan, serta menjaga soliditas antar pimpinan DPR. 

"Dan sebagai wakil ketua yang baru, saya sementara tentunya mengikuti seluruh program-program yang telah dilakukan 5 tahun yang lalu. Tentunya 5 tahun ke depan di bawah pimpinan yang bertahan Mba Puan dan Pak Dasco," ujar Wakil Ketua DPR dari Fraksi Golkar, Adies Kadir, Selasa, 1 Oktober. 

Menurut Waketum Golkar itu, selama 5 tahun lalu banyak kepentingan masyarakat yang telah tersampaikan dan tersalurkan oleh DPR. Karena itu, Adies memastikan akan mengikuti seluruh kegiatan pimpinan DPR untuk berkontribusi menyejahterakan rakyat. 

"Tentunya saya pribadi dan Partai Golkar, Fraksi Partai Golkar, mendukung seluruh kegiatan daripada pimpinan yang mendukung untuk menyejahterakan masyarakat di seluruh Indonesia," kata Adies. 

Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB, Cucun Syamsurijal menambahkan, sebagai wakil ketua yang baru dirinya siap untuk 'diospek' para senior, Puan dan Dasco. 

Eks Ketua Fraksi PKB DPR periode lalu itu pun mengaku punya kaidah bagaimana menjaga prestasi-prestasi pimpinan sebelumnya. Menurutnya, prestasi pimpinan DPR periode 2019-2024 sudah cukup luar biasa baik sehingga ia akan ikut mempertahankan prestasi tersebut. 

"Jadi kita akan pertahankan dan ikut mensupport dan ikut juga berkontribusi nanti bagaimana berkolaborasi mencari hal-hal yang lebih baik juga," kata Cucun. 

"Kita siap mengikuti apa yang menjadi yang sekarang sudah solid, lebih tingkatkan, lebih solid lagi," tambahnya. 

 

Sementara Wakil Ketua DPR dari Fraksi NasDem Saan Mustopa menyatakan akan ikut perintah Ketua DPR untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap DPR.  Serta menjaga dan meningkatkan kinerja DPR dengan semangat kebersamaan. 

"Seperti tadi ditekankan pada pidato awal masa sidang oleh Ibu Ketua, tentu ini harus menjadi komitmen bersama. Jadi meningkatkan kepercayaan terhadap DPR itu menjadi hal yang sangat penting, seperti Ibu Ketua sampaikan," ucap Saan.

"Dan saya tentu sebagai anggota wakil ketua yang baru, sama, untuk ikut bersama-sama menjaga dan meningkatkan," lanjutnya.