Mengenal BBN Airlines, Maskapai yang Baru Mengudara di RI

YOGYAKARTA – Siapa di antara kita yang sudah mengenal BBN Airlines? Ini adalah maskapai penerbangan yang baru beroperasi di Indonesia.

Pada Jumat, 27 September 2024, BBN Airlines melakukan penerbangan perdana dengan rute Cengkareng-Surabaya.

Tiga hari setelahnya atau pada Senin, 30 September 2024, maskapai ini membuka rute penerbangan baru, yakni dari Cengkareng ke Balikpapan.

Hal ini diketahui dari unggahan di akun Instagram resmi BBN Airlines, @bbnairlinesindonesia.

Lantas, apa itu BBN Airlines? Simak rangkuman informasinya dalam ulasan berikut ini.

Mengenal BBN Airlines

Menyadur laman resminya, BlueBird Nordic (BBN) Arlines didirikan di Jakarta pada Agustus 2022.

BBN Airlines merupakan anak perusahaan Avia Solution Group, penyedia layanan pesawat, kru, pemeliharaan, dan asuransi A(CMI) level medium yang berkantor pusat di Dublin, Irlandia.

Perusahaan induk BBN Airlines juga memberikan layanan pemeliharaan, perbaikan, dan perombakan (MRO), pelatihan pilot dan kru, penanganan di darat, dan berbagai layanan lainnya.

Di website resminya tertulis Avia Solutions Group mempunyai 199 armada pesawat yang beroperasi di seluruh dunia.

Pada Desember 2023, BBN Airlines Indonesia mendapatkan kucuran dana dari perusahaan induk sebesar 6,2 juta dollar AS (sekitar Rp93,75 miliar). Hal ini membuat nilai perusahaan meningkat ke level 14 juta dollar AS (Rp211,67 miliar).

Pada Agustus 2023, BlueBird Nordic Arlines Indonesia mengantongi izin layanan terbang komersial bagi penumpang berupa Air Operator Certificate (AOC).

Pada Maret 2024, BBN Airlines mendapatkan Sertifikat Operasi Udara penerbangan komersial dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia.

Penambahan sertifikat ini menjadi bukti kesiapan maskapai untuk melayani penerbangan komersial.

Selain itu, BBN Airlines juga berhasil mendapatkan izin operator asing (FOP) dari Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), membuka jalan untuk ekspansi ke pasar Aisa dan Oceania. Langkah ini menunjukkan ambisi maskapai untuk memperluas jaringan internasionalnya dan memperkuat interkonektivitas di kawasan tersebut.

Di Indonesia, layanan yang ditawarkan BBN Airliner berupa ACMI, carter pesawat, kargo, serta penerbangan reguler.

BBN Airlines menyediakan ACMI pada level medium. Dengan demikian, BBN Airlines setara dengan maskapai Indonesia lainnya, Pelita Air dan Sriwajaya Air.  

Untuk mendukung operasionalnya, BBN Airlines Indonesia menyediakan tiga armada Boeing 737-800NG untuk penerbangan carter penumpang dan tiga pesawat kargo, serta beberapa Boeing 737-400SF untuk penerbangan domestik maupun internasional.

BBN Airlines menargetkan pengoperasian 40 armada pesawat pada 2027. Ini menunjukkan visi jangka panjang yang berfokus pada pertumbuhan di sektor penerbangan.

Sebelum beroperasi secara komersial di Tanah Air, pemerintah Indonesia pernah menggunakan layanan carter yang ditawarkan oleh BBN Airlines.

Melansir VOI, Pada 20 November 2023 lalu, BBN Airlines Indonesia memfasilitasi serangkaian misi bantuan kemanusiaan. Kala itu, maskapai ini menggunakan armada Boeing 737-800BCF untuk mengangkut Humanitarian Aid Cargo dengan total berat mencapai 20 ton. Bantuan tersebut diterbangkan dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP), Jakarta menuju Bandara Internasional El Arish (AAC), Mesir

Demikian informasi yang bisa membuat Anda lebih mengenal BBN Airlines. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.