Akibat Ikuti Google Maps, Sopir Tronton Tabrak Pohon Besar di Pulogadung

JAKARTA - Sebuah truk tronton berisi sparepart mobil dan motor dengan nomor polisi B 9831 GB mengalami kecelakaan tunggal menabrak pohon besar setinggi 10 meter di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa dini hari, 1 Oktober.

Batang dan dahan pohon yang besar pun tumbang saat ditabrak truk kontainer bermuatan full tersebut. Pohon besar itu tumbang hingga menimpa kepala truk tronton.

Kecelakaan itu terjadi ketika pengemudi truk tronton melaju ke lajur kiri karena dia berjalan mengikuti rute Google Maps.

Dari keterangan Ucu, sopir truk kontainer, dirinya tak melihat jika ada batang pohon dan dahan yang besar di sisi jalur jalan karena dia sibuk melihat Google Maps.

"Karena mengikuti (Google) maps. Kan mengikuti map terus mepet kiri, nyangkut ada pohon," kata Ucu kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa, 1 Oktober.

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Sudin Gulkarmat Jakarta Timur guna evakuasi penebangan pohon tumbang. Pasalnya, truk kontainer yang tertimpa pohon tidak dapat melanjutkan perjalanan karena tertimpa dahan pohon besar.

Setelah tiba di lokasi, petugas rescue Sudin Gulkarmat Jakarta Timur melakukan evakuasi penebangan pohon dengan mengerahkan 1 tim. Evakuasi berlangsung 2 jam.

Dahan dan ranting pepohonan besar itu juga menutup akses jalan sehingga sempat menimbulkan kemacetan. Petugas pun memotong batang pohon menggunakan gergaji mesin.

"Datang dari Tanjung Priuk mau ke Rawamangun. Truk berisi muatan sparepart motor dan mobil," katanya.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan truk tronton tersebut. Namun mengalami kondisi truk rusak cukup parah.

Kepala Regu Tim Damkar, Arief Firmansyah mengatakan, peristiwa kontainer menabrak pohon besar ketika di perempatan Jalan Balai Pustaka sopir truk terlihat ragu untuk melanjutkan perjalanan.

"Dia ke kiri untuk bertanya namun sopir tidak melihat ada pohon besar di kiri, akhirnya mobil menabrak pohon hingga tumbang. Pohon menimpa kepala truk kontainer. Sopir dan kenek selamat tidak ada korban," katanya.