Alva Bermitra dengan Google Cloud, Dukung Transisi Mobilitas Hijau Berbasis AI

JAKARTA - Merek sepeda motor listrik lokal, Alva mengumumkan kemitraan strategis dengan Google Cloud demi penyediaan pelayanan canggih berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu memberikan pengalaman berbeda kepada pelanggan.

Alva yang berada di bawah naungan Ilectra Motor Group (IMG) ini akan memanfaatkan teknologi AI yang memajukan upaya R&D terarah, meningkatkan tim customer service dengan insights pelanggan yang dipersonalisasi, naikkan produktivitas staf penjualan, dan lainnya.

Chief Executive Officer Alva Purbaja Pantja, mengatakan langkah ini juga berperan dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia khususnya dalam sektor kendaraan roda dua.

“Teknologi data cloud dan AI dari Google Cloud sangat penting dalam membantu kami mendapatkan insights berbasis data yang akan memandu R&D dan pengalaman di setiap touchpoint dalam journey pelanggan, yang pada akhirnya mempercepat adopsi dan permintaan terhadap kendaraan listrik (EV),” kata Purbaja, dalam keterangan yang diterima, Selasa, 1 Oktober.

Alva juga akan memanfaatkan platform data terintegrasi terdepan dari Google Cloud, BigQuery untuk menggabungkan data terstruktur dan tidak terstruktur di seluruh organisasi.

Ini juga memungkinkan divisi Business Intelligence Alva mengurangi waktu yang dihabiskan dalam mengembangkan kode plumbing untuk mengakses data, dari 80 persen menjadi sekitar 25 persen.

Salah satu hal yang dihasilkan dari platform data terintegrasi di Google Cloud yang telah memandu R&D di Alva ialah kecemasan pengguna kendaraan listrik terkait pengisian daya.

Pengguna motor listrik tidak perlu khawatir karena pabrikan telah menghubungkan layanan Google Maps ke dasbor kendaraan untuk memberikan navigasi langsung menuju stasiun pengisi daya tercepat tanpa harus mengalihkan fokusnya ke perangkat eksternal ponsel.

Fitur ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi My Alva sehingga memudahkan pelanggan dalam mengakses berbagai data yang dibutuhkan untuk berkendara motor listrik.

Selain itu, brand juga akan memanfaatkan sistem AI dalam pemberdayaan customer service dengan petunjuk kontekstual mengenai pengendara yang mendukung percakapan lebih memuaskan.

Dengan AI yang meringkas dan menggabungkan informasi di berbagai sistem, tim customer service memiliki konteks lebih luas tentang alasan pelanggan ketika menelepon, dan memungkinkan mereka memberikan tambahan sentuhan personal yang krusial dalam hubungan dengan pelanggan.

AI juga akan dimanfaatkan dalam mengoptimalkan pengalaman divisi pemasaran dan penjualan demi meningkatkan penjualan kendaraan listrik. Reaksi pelanggan dan calon pembeli terhadap pesan pemasaran dapat bervariasi berdasarkan geografi.

Menggunakan AI untuk menganalisis data terkait interaksi pelanggan dan penjualan pada platform data Google Cloud dapat membantu ALVA mengidentifikasi pesan yang paling sesuai dengan wilayah atau kelompok audiens tertentu.