Bagikan:

JAKARTA - Salah satu pabrikan sepeda motor ternama, Kawasaki meluncurkan perubahan pada model touring teratasnya bernama Versys. Lebih dari sekedar perubahan kosmetik, motor ini juga alami peningkatan performa.

Melansir dari Motorcyclenews, Senin, 30 September, model yang dinamakan Versys 1100 merupakan versi peningkatan dari Versys 1000. Yang artinya, kapasitas mesin dari motor ini alami peningkatan.

Mesin 4-silinder segaris yang ditanamkan pada Versys alami peningkatan berawal dari 1.043 cc kini menjadi 1.099 cc melalui stroke yang lebih panjang hingga 3 mm. Dengan demikian, tenaganya meningkat dari 118 dk menjadi 133 dk.

Dalam pengembangan motor tersebut, merek ternama dari Jepang ini memfokuskan pada peningkatan kinerja pada motor tersebut sekaligus memberikan kemudahan pada penggunanya.

Pada bagian internalnya, dihadirkan flywheel yang lebih berat serta penyeimbang sekunder berguna untuk mengurangi getaran berlebih. Kemudian, diperkenalkan juga pendingin oli baru demi meningkatkan kinerja pendinginan.

8

Lebih lanjut, corong masuk tengah pada mesin tersedia lebih panjang 45 mm dibandingkan corong luarnya. Ini dipadukan dengan lubang masuk yang lebih sempit dan bubungan pengangkat yang lebih rendah meningkatkan karakteristik torsi mesin antara 4000 dan 7000 rpm.

Selain itu, perubahan ini disesuaikan dengan setting ECU baru dan pipa penghubung antara header knalpot 1-4 dan 2-3. Kawasaki mengklaim torsi yang didapat dari peningkatan ini mencapai 112 Nm dibandingkan sebelumnya hanya 102 Nm.

Kemudian, Kawasaki juga mengubah rasio pada roda gigi internalnya dan membuatnya menjadi lebih responsif dan cepat. Dihadirkan juga fitur Kawasaki Quick Shifter (KQS) yang berfungsi memiliki batas perpindahan gigi lebih rendah, yaitu 1.500 rpm.

Fitur lainnya juga dihadirkan pada Versys 1100 terdiri dari cakram rem belakang 10 mm lebih besar, port USB-C yang dihadirkan sebagai standar, serta terdapat Kawasaki Rideology App yang kini tersedia pada model S dan SE.

Versys 1100 akan tersedia di jaringan dealer Eropa pada Desember mendatang dengan harga mulai dari 11.899 poundsterling hingga 15.649 poundsterling (Rp241 juta sampai Rp316,9 juta).