Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Bersama Prabowo

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, pada Selasa 1 Oktober 2024.

Sebagai inspektur upacara, Presiden Jokowi tiba di lokasi pukul 07.54 WIB, beriringan dengan presiden terpilih 2024, Prabowo Subianto. Di belakang mereka, hadir Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta kepala staf Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

Upacara dihadiri oleh pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan undangan lainnya. Rangkaian acara dimulai dengan salam kebangsaan, penghormatan kebesaran, dan laporan komandan upacara kepada Presiden Jokowi.

Selanjutnya, upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Presiden, di mana para peserta menundukkan kepala untuk mengenang jasa pahlawan. Pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo, diikuti oleh pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPD, LaNyalla Mahmud Mattalitti.

Kemudian, Ketua DPR  Puan Maharani membacakan dan menandatangani ikrar. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa, dengan para menteri menengadahkan tangan sepanjang doa.

Upacara diakhiri dengan laporan komandan upacara, penghormatan kebesaran, dan penutupan resmi.