NotebookLM dari Google Kini Bisa Ringkas Video YouTube Otomatis

JAKARTA - Google memperluas kemampuan alat berbasis kecerdasan buatan mereka, NotebookLM, dengan menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk merangkum video YouTube dan file audio secara otomatis. Fitur ini akan sangat membantu para pelajar dan profesional dalam membuat catatan dan panduan belajar dari video-video publik di YouTube, serta file audio lainnya.

NotebookLM sebelumnya dikenal sebagai alat yang mempermudah pengguna dalam membuat catatan, panduan belajar, dan diskusi berbasis informasi dari berbagai sumber seperti file PDF, situs web, Google Docs, Slides, dan file teks/markdown. Namun, dengan tambahan fitur terbaru ini, pengguna kini bisa mengimpor video YouTube dan file audio untuk dirangkum menjadi konsep-konsep kunci yang diambil langsung dari transkrip video.

Selain merangkum, NotebookLM juga menawarkan eksplorasi mendalam dengan menggunakan kutipan yang terhubung langsung ke transkrip video. Alat ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan diskusi berbasis AI berdasarkan isi video.

Tidak hanya itu, NotebookLM dilengkapi pemutar YouTube bawaan yang memudahkan pengguna menonton video sambil membuat catatan.

Untuk file audio, NotebookLM dapat membuat panduan belajar yang komprehensif serta membantu pengguna menemukan informasi spesifik dalam transkrip audio. Google juga telah menambahkan cara cepat untuk berbagi Audio Overviews yang dihasilkan di NotebookLM, dengan membuat URL yang dapat dibagikan untuk diskusi yang dipandu oleh AI. Namun, fitur URL berbagi ini saat ini belum tersedia untuk pengguna Google Workspace.

Pengguna yang ingin mencoba fitur terbaru ini dapat mengunjungi situs web NotebookLM dan menambahkan URL dari video YouTube publik atau file audio ke dalam notebook mereka. Fitur ini diharapkan akan semakin mempermudah pengguna dalam mengakses dan mengelola informasi dari berbagai media.