Angka Kecelakaan Tinggi, Bridgestone Indonesia Tanamkan Pemahaman Keselamatan Jalan dengan Cara Ini

JAKARTA - Peningkatan angka kecelakaan lalu lintas tergolong cukup tinggi akhir-akhir ini, bahkan khusus dari data Satlantas Polres Metro Bekasi menunjukkan angka yang cukup tinggi yaitu sebanyak 1.046 kasus kecelakaan, meningkat 370 persen dibandingkan 283 kasus pada tahun 2022.

Sementara itu, data nasional dari Kementerian Perhubungan RI mencatat, berdasarkan usia, jumlah kecelakaan lalu lintas tertinggi melibatkan usia pelajar dan mahasiswa, yaitu antara 15-24 tahun. Pada tahun 2023, terjadi sebanyak 66.602 kejadian kecelakaan yang melibatkan pelajar, atau nyaris separuh dari total 155 ribu kejadian kecelakaan sepanjang tahun tersebut.

Dalam rangka mendukung program keselamatan dalam berkendara lalu lintas, PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) menyelenggarakan Road Safety School Program (RSSP) 2024 di SMPN 2 Bekasi.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan awareness mengenai pentingnya perilaku pengguna jalan yang baik, serta pemahaman terhadap makna rambu-rambu lalu lintas, dan infrastruktur pendukung keselamatan jalan lainnya sejak usia dini.

"Sebagai perusahaan global yang menjadi bagian dari dunia transportasi penting bagi kami untuk mengambil peran utama dalam mengadvokasi keselamatan di jalan raya dan mengajak stakeholder lainnya untuk sama-sama membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan raya, khususnya pelajar di sekolah menengah pertama dan atas," kata Human Resources and General Affairs Director Bridgestone Indonesia Yunus Triyonggo, dalam keterangan resmi yang diterima, Senin, 30 September.

Seperti diketahui, Bridgestone Indonesia memulai rangkaian kegiatan RSSP 2024 ini pada Juni lalu, diawali dengan kegiatan seminar secara daring (webinar) yang diikuti oleh guru SD dan SMP di Kotamadya Bekasi. Bridgestone Indonesia kemudian melakukan studi bagi sekolah-sekolah yang mengikuti webinar untuk melihat risiko keselamatan jalan di lingkungan sekolah.

Dari hasil studi tersebut, Bridgestone Indonesia bersama seluruh stakeholder sepakat untuk memulai project RSSP 2024 di SMPN 2 Bekasi, berdasarkan lokasinya yang terletak tidak jauh dari jalan nasional, SMPN 2 menjadi salah satu sekolah dengan risiko kecelakaan paling tinggi di Kota Bekasi.

"Kami berkomitmen untuk konsisten menggelar kegiatan seperti ini, khususnya bagi generasi muda, sehingga jalan raya menjadi lebih aman dan nyaman," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kesiswaan SMPN 2 Bekasi Abdul Khoir, mengungkapkan kegiatan ini diikuti oleh peserta workshop dengan antusias karena disampaikan dengan fun dan ada praktik secara langsung untuk melihat kondisi jalan & rambu-rambu lalu lintas di depan sekolah.

"Kami berharap program ini juga nantinya dilakukan di sekolah lain yang ada di Kota Bekasi," ungkap Abdul.

Program RSSP 2024 ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pamungkas bersama seluruh stakeholder lainnya, yaitu peningkatan infrastruktur jalan dengan memasang rambu lalu lintas & marka jalan di sekitar SMPN 2 Bekasi sesuai dengan hasil studi. Program RSSP 2024 ini berkontribusi pada Bridgestone E8 Commitment, terutama vektor Ease atau kemudahan.