7 Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2024, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

YOGYAKARTA – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menjadi ujian pertama yang harus diikuti oleh peserta seleksi CPNS setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi. Simak tips mengerjakan SKD CPNS 2024 dalam ulasan berikut ini.

Menyadur Antara, tes SKD CPNS 2024 dijadwalkan berlangsung pada 16 Oktober hingga 14 November 2024, atau setelah masa sanggah berakhir. Jadwal pengumuman SKD 2024 bisa berbeda-beda di setiap instansi.

Ketika mengerjakan SKD, setiap peserta akan diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan 110 soal yang dibagi menjadi tiga kategori, yakni 30 butir soal tentang tes wawasan kebangsaan (TWK), 35 butir soal tes intelegensia umum (TIU), dan 45 butir soal tes karakteristik pribadi (TKP).

Tips Mengerjakan Soal SKD CPNS 2024

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tips mengerjakan soal SKD CPNS 2024 yang bisa Anda lakukan agar pelaksanaan tes berjalan lancar dan sukses.

  1. Jangan panik

Peserta seleksi CPNS hanya diberi waktu kurang dari satu menit untuk mengerjakan satu soal SKD. Karena waktunya cukup singkat, peserta tidak boleh panik agar tidak blank saat mengerjakan soal-soal SKD.

Rileks dan tenang adalah kunci terbaik untuk mengerjakan soal-soal SKD CPNS. Jika Anda sudah melakukan persiapan yang matang, maka Anda pasti bisa mengerjakan tes SKD ini dengan cepat dan tepat.

  1. Ketahui nilai ambang batas dari masing-masing kategori soal

Dengan mengetahui nilai ambang batas atau passing grade dari masing-masing kategori soal, Anda bisa memprediksi batas minimal berapa soal yang terjawab dengan benar.

Untuk TWK, nilai ambang batasnya adalah 65 atau 43,3 persen, lalu passing grade TIU sebesar 80 atau 45,7 persen, Sementara tes TKP passing grade-nya adalah 166 atau 73,8 persen.

  1. Kerjakan soal Tes Karakteristik Pribadi terlebih dahulu

Di 25 menit pertama, kerjakan soal TKP terlebih dahulu. Jangan terburu-buru agar dapat mengerjakan soal dengan akurat.

Selesaikan semua soal TKP sebanyak 45 butir tanpa ada yang dikosongkan. Sebab, untuk soal ini tidak ada nilai yang 0, semua mempunyai bobot nilai masing-masing.  

  1. Lanjut mengerjakan Soal Tes Wawasan Kebangsaan

Setelah selesai mengerjakan TKP, peserta seleksi CPNS 2024 disarankan beralih ke soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Selesaikan soal ini dengan waktu 25 menit dan lewati dulu pertanyaan yang membuat bingung.

Pastikan Anda menjawab minimal 20 soal dengan benar. Tembak jawaban apabila tidak tahu sama sekali tanpa membuang-buang waktu.

  1. Kerjakan TIU

Berikutnya, kerjakan soal TIU dengan batas waktu 40 menit. Gunakan waktu tersebut untuk menjawab 20 pertanyaan dengan benar. Mulailah dengan mengerjakan soal yang paling mudah.

  1. Gunakan 10 menit terakhir untuk mengisi jawaban yang masih kosong

Gunakan 10 menit terakhir sisa waktu untuk mengisi soal yang belum terjawab. Usahakan jangan sampai ada pertanyaan yang kosong atau tidak dijawab agar Anda mendapatkan bobot nilai.

  1. Jaga kesehatan fisik dan mental

Selama mengikuti proses seleksi, jagalah kesehatan fisik dan mental Anda. Percuma, jika sudah mellakukan persiapan yang matang, namun karena tidak menjaga kesehatan, Anda justru jatuh sakit ketika tes berlangsung.

Demikian informasi tentang tips mengerjakan soal SKD CPNS 2024. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.