Toyota Rilis RAV4 Model 2025 di Amerika Utara, Intip Perubahannya

 

JAKARTA - Toyota kembali memperkenalkan pembaruan pada jajaran kendaraan di pasar Amerika Utara. Usai Corolla Hybrid, kini pabrikan memperkenalkan RAV4 Plug-In Hybrid 2025.

Tertulis dalam laman resmi Toyota USA, Senin, 30 September, pabrikan mengganti nama ‘Prime’ dengan ‘Plug-In Hybrid’ sekaligus mengisyaratkan bahwa SUV berukuran medium ini dibekali penggerak PHEV yang ramah lingkungan.

Menurut pabrikan, perubahan pada nama tersebut dimaksudkan untuk membantu konsumen lebih mudah mengetahui pilihan powertrain dari SUV ini. Perlu diketahui, label ‘Prime’ telah ada pada model ini sejak 2019 lalu.

Perubahan lainnya ialah dihilangkannya lambang oval biru khas Toyota yang melambangkan kendaraan ramah lingkungan dari HEV, PHEV, BEV, dan FCEV. Mereka menggantikannya dengan titik biru di bagasi atau pintu belakang.

Meskipun terdapat beberapa perubahan, Toyota tetap mempertahankan beberapa elemen seperti sebelumnya mulai dari segi eksterior, interior, fitur standar, hingga powertrain.

Varian XSE kini hadir dengan penawaran warna two-tone yang digabungkan dengan atap hitam dengan warna yang bisa dipilih termasuk Supersonic Red. Untuk memilih warna ini, pembeli harus mengeluarkan biaya ekstra.

Selain itu, tipe tersebut kini hadir dengan pelek 19 inci alloy two-tone secara eksklusif dan vertical LED pada bagian depan yang berikan tampilan sporty dan mewah.

Bagian dalam dirancang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan layar sentuh Toyota Audio Multimedia 10,5 inci dengan speaker JBL serta kluster digital 12,3 inci yang dapat diatur tampilan sesuai selera.

Sementara untuk tipe SE, dihadirkan juga berbagai perlengkapan standar seperti kursi pengemudi yang dapat diatur 8-arah, multi-information display 7 inci, Toyota Audio Multimedia layar sentuh, on-board charger 6,6 kW, hingga kursi depan pemanas.

RAV4 Plug-In Hybrid 2025 juga dibekali dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS) 2.5+ yang terdiri dari Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Blind Spot Monitoring, dan masih banyak lagi.

SUV tersebut juga dibekali dengan mesin 2,5 liter dengan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga gabungan 302 dk. Toyota mengklaim penggerak all-wheel drive memberikan jarak tempuh dengan daya listrik murni hingga 68 km dalam sekali pengisian penuh serta konsumsi BBM mencapai 16,1 km/l.

Toyota RAV4 Plug-In Hybrid 2025 akan dijual di AS dan Kanada dalam jumlah terbatas mulai akhir tahun 2024 dengan harga mulai dari 43.865 dolar AS (Rp663,5 juta) atau lebih mahal 425 dolar AS (Rp6,4 juta) dari model 2024.