Ragam Cara Mengatasi HP Xiaomi tidak Ada Layanan

YOGYAKARATA – Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan dapat dilakukan dengan beberapa metode mudah dan praktis berikut ini.

Seperti yang kita tahu, Xiaomi termasuk salah satu smartphone yang populer di Indonesia. Menurut lembaga riset pasar Canalys, Xiaomi menjadi vendor nomor satu di Indonesia dengan pangsa pasar (market share) sebesar 20 persen pada kuartal II 2024.

Di balik tingginya permintaan pasar, pengguna Xiaomi seringkali mengeluhkan soal layanan jaringan yang tidak ada di gawai mereka. Masalah ini cukup mengganggu karena menyebabkan pengguna tidak bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, atau mengakses internet.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan? Simak rangkuman informasinya dalam ulasan di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi tidak Ada Layanan

Ada beberapa penyebab ponsel Xiaomi tidak ada layanan, mulai dari masalah kartu SIM hingga pengaturan jaringan.

Menyadur laman Miui, berikut cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan:

  1. Periksa Pengaturan Acces Point Name (APN)

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah memeriksa pengaturan APN. Istilah tersebut merupakan nama titik akses yang terdapat pada operator tertentu.

Untuk memeriksa pengaturan APN, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu ‘Pengaturan’
  • Ketuk opsi ‘Sambungan’
  • Berikutnya, pilih opsi ‘Jaringan’, lalu ketuk opsi ‘Jaringan Telepon’.
  • Terakhir, klik opsi ‘APN’

Jika APN tidak sesuai dengan yang disediakan operator, Anda bisa mencari akses APN di internet maupun pusat panggilan (call center) operator.

  1. Periksa Kartu Sim dan Konektor

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan yang berikutnya adalah dengan memeriksa kartu SIM dan konektornya. Hal ini untuk mengidentifikasi masalah layanan SIM di smartphone Xiaomi.

Pastikan bahwa kartu SIM yang Anda gunakan sudah terpasang degan benar sesuai petunjuk yang disarankan.

Selain itu, pastikan pula tidak ada kecacatan pada kartu SIM yang Anda pakai. Sebab, hal tersebut juga memengaruhi ada tidaknya layanan di HP Xiaomi.

Lebih lanjut, layanan kartu SIM yang bermasalah juga bisa disebabkan oleh konektor SIM yang rusak. Untuk itu, pastikan kedua piranti ini dalam keadaan baik-baik saja.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Tips lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengaktifkan mode pesawat. Langkah ini biasanya akan memaksa ponsel mencari jaringan maupun layanan SIM yang bisa dijangkau.

Anda bisa mencoba cara yang satu ini untuk memastikan apakah layanan SIM pada HP Xiaomu bisa berjalan sebagaimana mestinya,

  1. Bersihkan Cache

Anda juga bisa membersihkan cache untuk mengembalikan layanan yang hilang di smartphone Xiaomi. Cache atau tembolok merupakan data sementara yang terdapat pada memori smartphone. Umumnya, berfungsi untuk mendukung berbagai aktivitas pada layanan ponsel.

Untuk membersihkan cache di HP Xiaomi, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Penyimpanan’
  • Berikutnya, pilih opsi ‘Penyimpanan Internal’
  • Dilanjutkan dengan mengetuk opsi ‘Penyimpanan Internal’
  • Setelah itu, pilih ‘Data Cache’ untuk menghapusnya
  1. Restart HP Xiaomi

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan yang terakhir adalah dengan memulai kembali (restart) ponsel.

Ketika Anda mencoba car aini, ponsel akan secara otomatis memulai ulang seluruh program yang dijalankan.

Jika layanan SIM masih belum berfungsi, satu-satunya opsi yang bisa Anda lakukan adalah membawa smartphone Anda ke pusat pelayanan (sevice center) Xiaomu terdekat.

Demikian informasi tentang cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada layanan. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.