Chelsea vs Brighton and Hove Albion: Buru Kemenangan Keempat Meski Bingung Pilih Pemain

JAKARTA - Chelsea memburu kemenangan keempat saat menjamu Brighton and Hove Albion di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Stamford Bridge, Sabtu, 28 September 2024 malam WIB. Hanya manajer Enzo Maresca mengakui tetap bingung menetapkan starting line up karena hampir semua pemain dalam kondisi on fire.

Chelsea menunjukkan performa yang kian menanjak. Setelah bermain imbang 1-1 melawan Crystal Palace dalam London derby, Chelsea meraih tiga kemenangan berturut-turut di berbagai kompetisi. Bahkan The Blues sukses mencetak sembilan gol, termasuk menang 1-0 atas Bournemouth dan kemudian menaklukkan West Ham United 3-0 di Liga Premier.

Kemenangan atas West Ham pada edisi London Derby berikutnya menjadikan Chelsea kian percaya diri menghadapi Brighton. Apalagi, mereka kemudian meraih kemenangan besar 5-0 atas Barrow di ajang Carabao Cup.

Di laga itu, Maresca merombak skuat dan menurunkan pemain lapis kedua atau mereka yang lebih sering duduk di bangku cadangan. Namun para pemain yang selama ini menjadi pelapis atau jarang mendapat kesempatan bermain justru menunjukkan performa terbaik. Mereka tampil mengesankan sehingga kian menyulitkan Maresca menetapkan starting line up.

Striker Christopher Nkunku yang mencetak hattrick di laga melawan Barrow dinilai layak bersaing dengan Nicolas Jackson. Begitu pula gelandang Romeo Lavia sudah pulih dari cedera dan siap diturunkan.

Pemain berusia 20 ini baru sekali bermain di laga perdana saat Chelsea kalah 2-0 lawan Manchester City. Namun dia kemudian terpaksa menepi setelah mengalami cedera hamstring saat latihan.

"Romeo Lavia bisa dimainkan untuk pertandingan mendatang. Kami masih akan melihat apakah dia bisa bermain penuh atau tidak. Satu-satunya pemain yang absen adalah Reece [James]. Dia belum pulih dari cederanya," kata Maresca yang harus memilih Jackson atau Nkunku sebagai starter di lini depan. Namun Jackson yang bakal menjadi pilihan pertama saat menghadapi Brighton.

"Jujur, semua punya kesempatan [bermain]. Apakah itu lima menit, 10 menit atau bahkan selama satu setengah jam, mereka berusaha memberikan segalanya. Ini yang penting," ucap Maresca.

Di laga itu , Maresca kembali menurunkan pemain pilar seperti Enzo Fernandez dan Moises Caicedo yang akan bahu-membahu di posisi gelandang pivotal.

Sedangkan Cole Palmer bersama duo sayap Jadon Sancho dan Noni Madueke menopang Jackson. Di belakang, bek tim nasional Marc Cucurella bersama Wesley Fofana akan membentengi kiper Robert Sanchez.

Bagaimana dengan Brighton? Meski menjadi salah satu tim yang belum pernah kalah, namun performa The Seagulls masih tak stabil.

Mereka sukses menahan Arsenal 1-1 di Emirates tetapi juga kehilangan poin saat menjau tim promosi Ipswich Town. Terakhir, Brighton kembali gagal menang saat menjamu Nottingham Forest. Sempat unggul 2-1, Brighton akhirnya menutup laga dengan skor imbang 2-2.

Brighton yang sempat bertengger di puncak klasemen dengan cepat turun peringkat. Kini, mereka tertahan di posisi tujuh dengan poin sembilan. Sama dengan Forest, tetapi mereka unggul selisih gol.

Manajer Fabian Huerzeler juga tak bisa menurunkan skuat terbaik saat menyambangi markas klub London Barat itu, Joao Pedro menjadi pemain terakhir yang mengalami cedera sehingga absen di laga tersebut. Sebelumnya, Brighton sudah kehilangan Matt O'Riley, Solly March dan gelandang veteran James Milner yang belum pulih dari cedera.

Brighton juga tidak akan didampingi Huerzeler yang dikenai sanksi FA karena 'bertindak tidak pantas'. Posisi Huerzeler digantikan asistennya Andrew Crofts.

Prakiraan Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Sanchez; Gusto, Fofana, Colwill, Cucurella; Fernandez, Caicedo; Madueke, Palmer, Sancho; Jackson

Brighton & Hove Albion (4-2-3-1): Verbruggen; Veltman, Dunk, Van Hecke, Estupinan; Hinshelwood, Baleba; Minteh, Rutter, Mitoma; Welbeck