Rencana Program Medical Check Up Gratis Prabowo-Gibran

YOGYAKARTA - Rencana program medical check up gratis Prabowo-Gibran kini tengan menui perbincangan, setelah program makan siang gratis ramai.

Perlu diketahui, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam kampanye politiknya, sebelumnya telah menjanjikan program unggulan berupa pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat.

Dengan inisiatif ini, Prabowo-Gibran berharap dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan mengurangi risiko penyakit serius melalui deteksi dini yang tepat waktu. Lantas bagaimana penerapannya?

Medical check up apa saja yang di cek?

Dilansir dari laman RS Siloam, pemeriksaan kesehatan adalah penilaian kesehatan menyeluruh yang dirancang untuk mengevaluasi kesejahteraan umum seseorang.

Secara umum, pemeriksaan rutin ini melibatkan serangkaian tes dan prosedur yang bertujuan untuk mendeteksi potensi masalah kesehatan sejak dini. Adapun beberapa komponen utama pemeriksaan kesehatan, sebagai berikut:

Medical check up apa saja yang di cek (freepik)
  • Riwayat Kesehatan

Dokter akan menanyakan tentang penyakit masa lalu, operasi, dan kondisi kesehatan keluarga yang signifikan.

Selain itu, akan ada pertanyaan tentang diet, kebiasaan olahraga, merokok, konsumsi alkohol, dan penggunaan obat akan diajukan untuk mengidentifikasi faktor risiko potensial.

  • Pengukuran Tanda Vital

Pemeriksaan meliputi denyut Jantung,  frekuensi pernapasan, tekanan darah, dan suhu tubuh.

  • Pemeriksaan Fisik

Dokter akan memeriksa kepala, leher, dada, perut, dan anggota badan Anda untuk memeriksa adanya kelainan. Kemudian, menggunakan stetoskop, dokter akan mendengarkan jantung dan paru-paru Anda untuk menilai fungsinya.

Selain itu, kulit Anda akan diperiksa untuk mengetahui adanya ruam, tahi lalat, atau kondisi kulit lainnya.

Terakhir akan ada penilaian neurologis, dimana refleks, koordinasi, dan keseimbangan Anda dapat diuji.

  • Tes Diagnostik

Pemeriksaan ini adalah yang paling menyeluruh yang meliputi beberapa tahapan sebagai berikut:

    • Tes Laboratorium: Sampel darah dan urin dapat dikumpulkan untuk memeriksa berbagai penanda, seperti kadar gula darah, kadar kolesterol, dan fungsi ginjal.
    • Studi Pencitraan: Bergantung pada gejala dan faktor risiko Anda, tes pencitraan seperti sinar-X, USG, atau CT scan dapat dipesan untuk memvisualisasikan organ internal.
    • Elektrokardiogram (EKG): Tes ini merekam aktivitas listrik jantung Anda untuk mendeteksi adanya kelainan.
  • Pemeriksaan Khusus untuk Wanita

Untuk wanita akan dilakukan pemeriksaan panggul yang melibatkan pemeriksaan visual pada genitalia eksternal dan pemeriksaan internal pada vagina dan serviks.

Kemudian pap smear, dimana sampel sel dikumpulkan dari serviks untuk memeriksa kanker serviks.

Terakhir ada pemeriksaan payudara untuk mengetahui adanya benjolan atau perubahan.

  • Pemeriksaan Khusus untuk Pria

Selain wanita, pria juga akan melalui tahapan pemeriksaan genital termasuk pemeriksaan testis untuk mengetahui adanya benjolan atau kelainan.

Kemudian akan ada pemeriksaan prostat untuk memeriksa ukuran dan konsistensi kelenjar prostat Anda.

Bagaimana Rencana Program Medical Check Up Gratis Prabowo-Gibran?

Rencana pemeriksaan kesehatan gratis akan dilaksanakan mulai tahun depan, dengan target 55 juta masyarakat Indonesia yang akan mendapatkan layanan medical check-up tanpa biaya.

Program ini dirancang untuk berjalan seiring dengan upaya pengendalian prevalensi Tuberkulosis (TBC) pada tahun 2025.

Perlu diketahui, saat ini, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan jumlah penderita TBC terbanyak di dunia, di mana setiap harinya penyakit ini menyebabkan 100 ribu kematian.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Cara Penularan Tuberkulosis, Cara Cegah, hingga Gejalanya

Selain itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3,3 triliun untuk mendanai program pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Adapun sasaran utama program ini mencakup 52 juta penduduk yang terkena TBC, lansia, serta mereka yang berisiko mengalami penyakit katastropik atau penyakit berat yang memerlukan perawatan jangka panjang di rumah sakit.

Pemerintah juga akan mengalokasikan Rp 1,7 triliun untuk peningkatan fasilitas kesehatan, termasuk pembangunan rumah sakit dan infrastruktur kesehatan lainnya.

Selain rencana program medical check up gratis prabowo-gibran, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!