Wamenkominfo Nezar Patria Pimpin Upacara Hari Bhakti Postel ke-79 di Bandung

BANDUNG - Memperingati Hari Bhakti Postel ke-79, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menghadiri upacara peringatan yang dilaksanakan pada Jumat, 27 September di Kantor Pusat PT Pos Indonesia di Bandung. 

Upacara peringatan ini dihadiri oleh seluruh penyedia layanan telekomunikasi seperti XL Axiata, Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, Kementerian Kominfo, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), dan juga Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL). 

Dalam sambutannya, Nezar mengatakan bahwa upacara ini bukan hanya menjadi simbolis, melainkan menjadi refleksi diri tentang setiap perjalanan bangsa Indonesia di sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran.

Sedikit melihat ke belakang, pada tanggal 27 September 1945, tepat 79 tahun yang lalu, Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telefon (AMPTT) berhasil mengembalikan Jawatan Pos Telegrap dan Telefon (PTT) ke pangkuan Ibu Pertiwi. 

“Pada hari ini, semangat tersebut selaras dengan peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 yang mengangkat tema Nusantara Digital untuk Indonesia Maju,” kata Nezar kepada seluruh peserta upacara yang hadir. 

Saat ini, dia menyebutkan jumlah kantor pos pada tahun 2022 sudah mencapai 16.984 titik di seluruh Indonesia. Selain itu, jangkauan layanan pos juga telah menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen di kecamatan, serta telah menjangkau sebanyak 940 lokasi terpencil di Indonesia. 

Nezar juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder di sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran, yang telah meningkatkan konektivitas dan komunikasi di seluruh penjuru tanah air.

“Mari kita jadikan peringatan Hari Bhakti Postel ini sebagai momen untuk merayakan pencapaian yang telah kita raih, seraya memperkuat komitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam menyebarkan informasi yang berkualitas, mencerdaskan masyarakat, dan terus memajukan sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran Indonesia, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tutup Nezar. 

Dalam acara ini, juga dilakukan penyematan tanda kehormatan dan penyerahan piagam dari Presiden RI, penyerahan tali asih kepada para veteran AMPTT, dan penandatanganan Sampul Peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 Tahun 2024.