vivo V40 Lite dengan Fitur AI Resmi Dirilis, Harga Mulai Rp3,299 Juta

JAKARTA – vivo resmi meluncurkan seri V40 Lite di Indonesia pada Rabu, 25 September. Perusahaan elektronik asal China itu merilis versi 4G dan 5G dengan menonjolkan fitur berbasis Artificial Intelligence (AI).

Kali ini, vivo menyasar generasi Z (Gen Z) dengan merilis tiga warna yang trendi dan futuristik, yaitu titanium silver, pearl violet, dan carbon black. Seluruh warna ini, khususnya titanium silver, diklaim sebagai pelengkap untuk segala outfit dan aktivitas.

"vivo memahami bahwa Gen Z menginginkan smartphone yang tidak hanya canggih, tetapi juga stylish sebagai bentuk ekspresi diri," kata Product Manager vivo Indonesia Gilang Pamenan. "vivo V40 Lite siap menjadi fashion statement sekaligus teman setia Gen Z."

vivo V40 Lite 4G dan 5G dilengkapi fitur kamera berbasis AI yang dapat menghasilkan foto terbaik, seperti AI Aura Light Potrait, AI Erase, dan AI Photo Enhance. Berkat AI Aura Light Potrait, foto menjadi lebih natural, sedangkan AI Erase dapat menghapus photobomb dengan cepat.

"AI Erase bisa men-detect objek secara otomatis. Setelah itu, objek akan langsung hilang," jelas Gilang saat memamerkan salah satu fitur AI vivo V40 Lite. "Hasilnya boleh diadu (dengan ponsel lain), paling rapi. Dicek saja, compare to the other."

Selain menghadirkan dukungan AI, kamera vivo V40 Lite juga dilengkapi sensor Sony IMX882 di kamera utama dengan 50MP. Perangkat baru ini menggunakan 2MP Depth Lens, 8MP Wide Lens, dan 32MP Front Camera untuk menghasilkan selfie terbaik.

Dilengkapi dengan Snapdragon 4 Gen 2 di versi 5G dan Snapdragon 685 di versi 4G, kedua perangkat memiliki kemampuan flashcharge 80 Watt. Kapasitas baterainya sebesar 5000 mAh dengan jaminan Battery Health hingga 4 tahun setelah pembelian pertama.

Selain ketangguhan baterai dan fiturnya, vivo juga memiliki ketahanan fisik seperti Rain Water Resistance dan Wet Touch Technology. vivo V40 Lite juga berhasil diuji jatuh dari ketinggian sebanyak 32.000 kali dan bisa menahan suhu yang begitu panas hingga 50 derajat celsius.

vivo V40 Lite seri 4G dibanderol dengan harga Rp3,299 juta untuk kapasitas 8GB+128GB dan Rp3,599 untuk kapasitas 8GB+256GB. Sementara itu, seri 5G dibanderol dengan harga Rp4,299 juta untuk kapasitas 8GB+256GB dan Rp5,299 untuk kapasitas 12GB+512GB.

Sebagai perbandingan dengan chipset yang sama, berikut ini beberapa ponsel alternatif yang bisa Anda cek.

  • Redmi 12 5G: Perangkat ini dilengkapi baterai 5000 mAh dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8GB+256GB. Namun, pengisian dayanya masih 67W, belum sebesar vivo V40 Lite.
  • POCO M6 Pro 5G: Ponsel di bawah naungan Xiaomi ini juga memiliki kapasitas baterai dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, kabel pengisian dayanya masih sangat rendah, yaitu hanya 18W.