Review Film I, The Executioner: Formula Basic yang Tetap Menarik dengan Jung Hae In

JAKARTA - Film I, The Executioner: A Veteran Story menjadi film Korea terbaru yang tayang di bioskop Indonesia. Sekuel ini merupakan karya terbaru sutradara Ryoo Seung Wan sembilan tahun setelah film pertamanya.

Hwang Jung Min masih memerankan karakter utama yang kali ini ditemani oleh Jung Hae In. Hingga artikel ini ditulis, film I, The Executioner sudah disaksikan lebih dari 5,7 juta penonton.

I, The Executioner menceritakan veteran detektif Seo Do Cheol (Hwang Jung Min) yang ditugaskan melakukan investigasi terhadap kasus pembunuhan berantai dan kasus lainnya. Ia masih bekerja sama dengan timnya yaitu Bong Yoon Joo (Jang Yoon Ju), Oh Jae Pyeong (Oh Dal Soo), Wang Dong Hyeon (Oh Dae Hwan), dan Yoon Si Yeong (Kim Shi Hoo).

Belum selesai urusan kantor, Seo Do Cheol juga dihadapkan dengan masalah keluarga ketika anaknya disebut melakukan perundungan kepada anak-anak sekolahnya.

Di tengah permasalahan itu, Seo Do Cheol menyambut anggota baru, Park Sun Woo (Jung Hae In) setelah aksinya menjadi viral di internet. Park Sun Woo adalah polisi yang menjadi populer lantaran aksi penangkapan pelaku kejahatan yang ia lakukan sukses menarik perhatian.

Seo Do Cheol dan Park Sun Woo bekerja sama untuk mengusut kasus pembunuhan berantai yang menuai korban dan mulai mendekati orang-orang terdekat mereka.

>

Film I, The Executioner memiliki formula yang banyak ditemukan dalam film komedi aksi. Bagaimana runtutan pembuka hingga menuju permasalahan dan akhir cerita, tidak ada yang baru dari gaya bercerita slapstick ala Ryoo Seung Wan pada film ini.

Terlepas dari itu, penuturannya tetap menyenangkan untuk disaksikan. Sejak awal, penonton kembali dipertemukan dengan tim Seo Do Cheol yang menampilkan komedi ketika mereka melakukan penangkapan maupun investigasi.

Dari segi aksi, film ini mengambil sisi adegan aksi kejar-kejaran dan pukul-pukulan yang cukup oke dan mengambil dari sudut kamera yang tidak biasa. Alhasil momen menegangkan itu juga melengkapi keseruan I, The Executioner dalam bercerita.

Hwang Jung Min memang tidak diragukan, tapi Jung Hae In tampil bersinar dalam film ini. Menilik filmografinya, mungkin film ini benar-benar mengeksplorasi akting sang aktor.

Hwang Jung Min (CBI)

Film ini menyorot brutalitas seorang polisi dalam mengeksekusi masyarakat, mempertanyakan kredibilitas jurnalisme hingga mencari keadilan di dunia. Ceritanya dekat dengan realita dengan ide yang beragam justru tidak menemukan titik terang dari tujuan penceritaan.

Beberapa sub plot yang awalnya ditampilkan berujung gantung atau hilang begitu saja di akhir cerita, salah satunya plot mengenai perundungan atau tujuan sosok villain mencari Seo Do Cheol.

Meski begitu, I, The Executioner menciptakan momen-momen twist yang menarik, salah satunya adegan perkelahian di rooftop dengan hujan deras, aksi tonjok-tonjokan yang stylish membuatnya terasa luar biasa.

adegan I, The Executioner (CBI)

I, The Executioner menjadi medium baru Ryoo Seung Wan menghadirkan cerita komedi aksi yang bisa dinikmati oleh 17+. Film I, The Executioner: A Veteran Story tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia mulai Rabu, 25 September 2024.