Penyebab dan Cara Mengatasi Badan Terasa Panas padahal Suhu Normal

YOGYAKARTA – Badan yang panas sering dikaitkan dengan demam (meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat Celcius). Akan tetapi, ternyata ada beberapa kondisi yang bisa mengakibatkan badan panas, namun suhu tubuh tetap normal.

Lantas, apa yang membuat tubuh terasa panas secara tiba-tiba? Bagaimana cara mengatasi badan terasa panas tapi suhu normal? Simak informasi selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Penyebab Badan Terasa Panas Tapi Suhu Normal

Badan terasa panas tapi suhu normal tidak selalu disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Terkadang hal ini bisa terjadi ketika Anda melakukan aktivitas yang menguras fisik.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa penyebab badan terasa panas tapi suhu normal:

  1. Latihan fisik

Ketika melakukan latihan fisik, Anda memerlukan energi yang lebih banyak. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, tubuh Anda akan membakar lemak sebagai simpanan energi. Alhasil, badan akan terasa panas tapi suhu tubuh tetap normal.

Kondisi ini umumnya tidak bertahan lama karena panas akan dikeluarkan dalam bentuk keringat.

  1. menyantap makanan pedas

Menyantap makanan pedas yang diolah dengan cabai bisa membuat badan terasa panas. Hal ini disebabkan oleh senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Temperatur, capsaicin akan merangsang reseptor panas pada lidah dan tenggorokan yang disebut vanilloid type 1 (TRPV1). Reseptor ini akan mengirimkan sinyal pada otak bahwa Anda sedang mengalami kepanasa,

Selain menyantap makanan pedas, makanan panas, alkohol, dan minuman berkafein juga dapat meningkatkan suhu tubuh.

  1. Stres

Stres juga termasuk penyebab badan terasa panas tapi suhu tubuh normal. Peningkatan hormon adrenal dan kortisol saat stres dapat membuat jantung bekerja lebih keras.

Ketika detak jantung meningkat, aliran dalrah dalam tubuh akan semakin deras. Saat darah berkumpul di bawah kulit, Anda akan merasakan bahwa suhu tubuh menjadu lebih panas, namun tidak demam.

  1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme (kadar hormon tiroid terlalu tinggi dalam tubuh) bisa membuat proses metabolisme berjalan lebih cepat.

Karena tubuh Anda membakar energi lebih cepat dari biasanya, tubuh akan terasa panas tapi suhu tubuh tetap normal.

Cara Mengatasi Badan Terasa Panas Tapi Suhu Normal

Setelah memahami penyebabnya, kini Anda perlu tahu cara mengatasi badan terasa panas tapi suhu tubuh normal.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yakni:

  1. Istirahat yang cukup

Jika penyebabnya adalah latihan fisik yang berlebihan, maka Anda perlu beristirahat yang cukup. Dengan begitu, tubuh akan dapat berfungsi dengan optimal.

Bagi orang dewasa, istirahat yang cukup yakni tidur selama 7-8 jam. Istirahat yang cukup merupakan kunci untuk mendapatkan tubuh, jiwa, dan pikiran yang sehat.

  1. Oleskan minyak angin

Minyak angin aromaterapi juga bisa meringankan gejala badan terasa panas tapi sihi normal. Meskipun terasa hangat, minyak aromaterapi dapat merangsang keringat untuk membantu mendinginkan suhu tubuh secara alami.

Selain itu, beberapa minyak aromaterapi juga memiliki sifat antipiretik sehingga bisa menurunkan suhu tubuh saat demam.  

  1. Membatasi konsumsi makanan pedas

Di atas telah disinggung bahwa makanan pedas dan panas bisa membuat badan terasa panas tapi tidak demam. Senyawa capsaicin dapat memicu peningkatan suhu tubuh dan menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti keringkat berlebih.

Selain itu, makanan pedas juga dapat mengiritasi saluran pencernaan dan memicu naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga keseimbangan dan variasi pola makan, serta membatasi konsumsi makanan penas, terutama saat cuaca panas.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan

Cara mengatasi badan terasa panas tapi suhu normal yang terakhir adalah memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak minum air putih.

Saat terpapar sinar matahari, tubuh biasanya akan mengeluarkan keringat. Keringat ini mengandung air, dan jika asupan cairan tidak terpenuhi, maka tubuh berpotensi mengalami dehidrasi.

Dehidrasi bisa memperparah kondisi tubuh karena kehilangan kemampuannya untuk mengatur suhu dengan baik. Hal ini bisa membuat peningkatan suhu tubuh.

Untuk itu, penting untuk minum air putih yang cukup terutama saat cuaca panas agar tubuh tetap terhidrasi.

Demikian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi badan terasa panas tapi suhu normal. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.