Jokowi Groundbreaking Proyek Investor Asing Pertama di IKN, Nilai Investasi Capai Rp500 Miliar

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek investor asing pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu, 25 September.

Bila sebelumnya kebanyakan investor asing masuk ke IKN lewat kemitraan dengan perusahaan lokal, kali ini proyek investor asing masuk secara murni dan langsung.

Investornya adalah Delonix Group dari China yang akan berinvestasi di IKN dengan membuka proyek properti mixed use.

Investor asal Negeri Tirai Bambu itu mengelontorkan investasi sebesar Rp500 miliar dan akan membangun kawasan di lahan seluas 24.000 meter persegi.

Jokowi mengatakan, Delonix merupakan perusahaan asing yang menjadi perintis untuk berinvestasi di IKN. Diharapkan, masuknya Delonix dapat menarik minat investor lainnya.

"Dengan investasi di IKN ini, Delonix Group masuk sebagai perusahaan asing perintis yang berinvestasi di IKN dan ini akan membawa dampak kepercayaan pada investor-investor lain untuk juga segera masuk ke IKN," ujar Jokowi saat meresmikan groundbreaking Delonix Nusantara di IKN, seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi bilang, saat ini sudah mulai berdatangan investasi-investasi asing ke IKN. Artinya, ada kepercayaan mancanegara pada pembangunan ibu kota baru Indonesia.

Investor juga mulai percaya diri bahwa Nusantara menjadi sebuah kawasan yang menarik untuk investasi.

"Kelihatan sekali bahwa mulai berdatangan investasi-investasi dari mancanegara yang berikan kepercayaan bahwa Nusantara adalah lokasi yang menarik untuk sebuah investasi," ucapnya.