IHSG Rabu Diselimuti Sentimen dari China dan AS, Enam Saham Direkomendasikan

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguji level tertinggi atau resistance pada perdagangan hari ini, Rabu 25 September. Phintraco Sekuritas dalam risetnya memperkirakan IHSG bergerak pada rentang resistance 7.800, pivot 7.750, dan support 7.700.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, sentimen regional dari rencana stimulus moneter oleh bank sentral China turut menopang reli atau bullish momentum IHSG.

"Dengan demikian, IHSG hari ini masih berpeluang kembali uji resistance dan level psikologis 7.800," tulis Phintraco Sekuritas.

Phintraco Sekuritas menambahkan, rencana pelonggaran kebijakan moneter tersebut sejalan peningkatan tekanan dari ekonom domestik dan eksternal terhadap Pemerintah China untuk segera meningkatkan stimulus, baik fiskal maupun moneter.

"Meski demikian, potensi peningkatan trade wars antara Amerika Serikat (AS) dengan China perlu dicermati. Hal itu menyusul peluang pelarangan penggunaan komponen otomotif asal China dan Rusia oleh produsen otomotif di AS," jelas Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, Phintraco Sekuritas mengatakan, pasar mengantisipasi realisasi pertumbuhan ekonomi Kuartal III-2024 pada pekan pertama Oktober 2024. Selanjutnya, pasar mengantisipasi kinerja keuangan kuartal III 2024 dari emiten di BEI, serta pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di 20 Oktober 2024.

"Hal-hal tersebut dapat menjadi key factors terhadap potensi bullish continuation pada IHSG di Oktober nanti," jelas Phintraco Sekuritas.

Adapun Phintraco Sekuritas merekomendasikan enam saham untuk hari ini, yakni MDKA, INCO, TINS, LSIP, PTPP, dan UNVR.