Pantun RK-Suswono di Deklarasi Kampanye Damai: Nomor 01 Juara Satu

JAKARTA - Pasangan cagub dan cawagub nomor urut 01 Ridwan Kamil-Suswono dan seluruh partai pendukungnya bersama pasangan calon lain menandatangani deklarasi kampanye damai Pilgub Jakarta 2024. 

Acara penandatanganan naskah deklarasi pemilu damai ini diselenggarakan KPUD Jakarta di halaman Museum Fatahillah, kawasa  Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa, 24 September. 

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil memberikan dua buah pantun. Salah satunya menyebut nomor urut 01 akan menjadi juara satu di Pilgub Jakarta mendatang.  

Pria yang akrab disapa RK itu mulanya mengapresiasi acara yang digelar KPUD Jakarta. Meski diguyur hujan, acara berlangsung lancar. 

"Alhamdulillah hari ini hujan kita mendeklarasikan kampanye damai," ujar RK mengawali sambutannya.  

RK mengatakan, dirinya dan Suswono ingin agar Pilkada Jakarta menjadi pilkada yang teladan dan menjadi pilkada percontohan, naik kelas dan menjadi rujukan bahwa pesta demokrasi di Indonesia bisa diselenggarakan dengan damai. 

"Penuh dengan semangat kekeluargaan, banyak yang hadir di TPS dan diselenggarakan dengan cara-cara yang damai yang gembira, ceria, jauh dari yang namanya menjelek-jelekan, jauh dari namanya hoaks, jauh yang dari namanya hal-hal yang sifatnya money politik. Mudah-mudahan dengan begitu kita sambut Pilkada Jakarta dengan sebaik-baiknya," kata RK.

 

Eks Gubernur Jawa Barat itu lantas menyampaikan dua pantun sebagai penutup. Diketahui, pantun merupakan budaya khas Jakarta. 

"Sungguh harum kayu gaharu, tidak kalah harum dengan uang yang beruntung. Jika ingin di Jakarta yang baru, mari semua warga Jakarta kita bersatu," kata RK. 

Dalam pantun tersebut, RK berharap nomor urut 01 yang didapat dalam pengundian semalam membawa keberuntungan baginya dan Suswono untuk bisa memimpin Jakarta ke depan. 

"Beli kado isinya sepatu, beli kue putu di hari sabtu. Pasangan RIDO dapat nomor urut 1, insya Allah juara satu," tutupnya.