Gajah Bali Safari Mengamuk, Seruduk Pawang Berkali-kali hingga Tewas

GIANYAR-  Pegawai Bali Safari and Marine Park, Gianyar, Bali, Komang Resi Yasa (27), tewas karena amukan seekor gajah. Korban merupakan pawang gajah.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Jansen Avitus Panjaitan menyebutkan kejadian itu terjadi pada Selasa (17/9) pagi.

"Untuk saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan dari dokter. Terkait dengan kejadian tersebut pihak keluarga korban akan melapor kembali Ke Mapolres Gianyar," kata Kombes Jansen, Selasa, 24 September.

Dari keterangan saksi, Suwoko, yang juga penjaga gajah, saat itu sekitar pukul 09.00 WITA, dirinya bersama korban Komang Resi dan rekan lainnya, Gilang Romadhon hendak mengangon gajah bernama Gandi. Saat itu gajah ditunggangi Suwoko.

Pada saat mengangon, gajah itu memberikan gerak-gerik yang berbeda dan agresif. Gajah menendang korban Komang Resi yang berada di lokasi.

Saksi berupaya untuk menenangkan gajah dan meneriaki korban Komang Resi yang sedang berada di lokasi untuk berlari.

Korban lantas berlari tapi tersandung. Saat korban terjatuh, korban diseruduk oleh gajah berkali- kali. Setelah itu, gajah berusaha dikendalikan hingga dibius.

"Namun gajah pada saat itu diam dan memandang korban, jarak yang kurang lebih 10 meter. Saksi memperingati korban untuk berlari dan ditahan oleh saksi menggunakan gancu, kemudian korban tersangkut rumput dan terjatuh kemudian diserang gajah sampai berkali-kali," imbuhnya.

Atas mengamuknya gajah, korban terluka di bagian paha, bahu dan bagian dada kiri. Saat dilarikan ke Rumah Sakit Kasih Ibu di Gianyar, korban dinyatakan meninggal dunia.

"Pukul 09.30 WITA, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kasih Ibu oleh pihak manajemen Bali Safari dan korban tiba di rumah sakit  sudah dalam keadaan meninggal dunia. Saat ini sedang ditangani oleh Satreskrim Polres Gianyar," papar Jansen.