Gantikan Graham Arnold, Timnas Australia Tunjuk Tony Popovic Jadi Pelatih

JAKARTA - Timnas Australia resmi menunjuk Tony Popovic sebagai pelatih. Eks arsitek Crystal Palace itu resmi menjalin kerja sama dengan Socceroos untuk menggantikan Graham Arnold per Senin, 23 September 2024.

Dengan tanggung jawab barunya sebagai pelatih Timnas Australia, Tony Popovic dituntut untuk bisa meloloskan tim ke putaran final Piala Dunia 2026.

Tawaran melatih Timnas Australia diterima Popovic setelah ia berstatus tanpa klub selepas terakhir kali melatih Melbourne Victory pada 30 Juni 2024.

Dikutip dari situs resmi Socceroos, Popovic dikontrak dengan durasi hingga Piala Dunia 2026.

"Penunjukan Tony Popovic merupakan babak baru yang menarik bagi Socceroos di tahap yang kritis. Sebagai pemain, Tony mewakili negara kami dengan bangga dan dengan prestasi gemilang di setiap kelompok umur," ujar Ketua Sepak Bola Australia, Anter Isaac, dikutip dari laman resmi pada Senin, 23 September 2024.

"Sebagai pelatih, ia secara konsisten menunjukkan kemampuan untuk mengembangkan tim pemenang melalui perhatiannya terhadap detail, perencanaan yang cermat, dan kemampuan untuk menyelaraskan fokus kolektif."

"Seperti Graham, kami tahu ia akan disambut dengan hangat oleh semua pemain, staf, dan penggemar Socceroos saat kami terus berupaya di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026," ucap Isaac.

Tony Popovic bukanlah sosok asing dalam sepak bola Australia. Pelatih berusia 51 tahun itu merupakan mantan pemain Australia dengan 58 caps.

Melatih Australia akan jadi tantangan bagi Popovic. Pasalnya, Matthew Ryan dan kawan-kawan sedang terpuruk di Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Setelah kalah 0-1 dari Bahrain di kandang sendiri, Australia ditahan Timnas Indonesia 0-0 di Jakarta.

Dua hasil buruk itu juga yang membuat Graham Arnold mengundurkan diri dari posisi pelatih Australia per Jumat, 20 September 2024.

"Saya sangat tersanjung diberi kesempatan ini untuk memimpin Socceroos sebagai pelatih kepala. Ini adalah peran yang disertai dengan tanggung jawab besar. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini," kata Popovic soal tanggung jawab barunya.