Pembagian Airdrop Hamster Kombat Bikin Kecewa Para Pemain, Alokasi Token Tidak Sesuai Harapan

JAKARTA - Gim kripto Telegram yang populer, Hamster Kombat, tengah bersiap meluncurkan tokennya, HMSTR. Namun, meski airdrop dinantikan oleh jutaan pemain, beberapa di antaranya merasa kecewa setelah pengumuman detail alokasi token yang tidak sesuai harapan.

Melalui unggahan di Twitter, tim Hamster Kombat mengungkapkan bahwa pemain tidak dapat langsung mengklaim seluruh alokasi token HMSTR mereka pada hari peluncuran. Dari total airdrop yang dijanjikan, hanya 88,75% yang bisa diakses pada hari pertama, sementara sisanya sebesar 11,25% akan dikunci (vested) selama 10 bulan hingga Juli 2025.

Pengumuman ini membuat banyak pemain merasa tidak puas, terutama karena detail vesting tersebut tidak pernah dikomunikasikan sebelumnya. Pemain merasa bahwa penguncian ini tidak adil, terlebih dengan ketidakpastian nilai token HMSTR yang baru akan diketahui setelah mulai diperdagangkan di The Open Network (TON) pada 26 September 2024.

Isu lain yang memicu kekecewaan adalah sistem alokasi token. Pemain mengeluhkan kriteria yang digunakan untuk menentukan berapa banyak token yang akan mereka terima. Salah satu faktor utama yang mendapat sorotan adalah besarnya penekanan pada referensi teman dan earning keys, yang baru-baru ini diperkenalkan dalam gim tersebut.

Kasus ini mengingatkan banyak pihak pada masalah serupa yang terjadi pekan lalu dengan airdrop Catizen, di mana pemain juga merasa tidak puas dengan perubahan mendadak dalam kriteria alokasi yang tidak dijelaskan sebelumnya.

Dilansir dari Decrypt, menurut data terbaru dari tim Hamster Kombat, dari 300 juta pemain yang telah memainkan gim ini sejak diluncurkan pada Maret 2024, hanya sekitar 129 juta yang memenuhi syarat untuk menerima airdrop. Dari 131 juta pemain yang awalnya terdaftar, sekitar 2,3 juta di antaranya diblokir karena dianggap curang.

Jumlah token HMSTR yang akan dibagikan dalam airdrop ini mencapai 60 miliar dari total 100 miliar token. Selain itu, 15 miliar token lainnya akan dialokasikan untuk Season 2 yang akan datang. Untuk sementara waktu, gim ini akan memasuki interlude season, versi yang lebih sederhana dari musim penuh.

Meskipun banyak pemain yang mengeluhkan sistem airdrop ini, Hamster Kombat tetap menjadi salah satu gim kripto yang paling dinantikan di Telegram. Dengan lebih dari 300 juta pemain, masa depan gim ini tampak cerah, terutama dengan potensi pertumbuhan di Season 2.