Pekalongan Kebanjiran, Pemkot Maksimalkan Rumah Pompa Cegah Meluasnya Genangan

JATENG - Hujan deras yang melanda Kota Pekalongan sejak Minggu 22 September malam hingga Senin 23 September pagi mengakibatkan sejumlah wilayah mengalami banjir.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pekalongan Purwo Susetyo upaya menyurutkan banjir pihaknya mengoptimalkan pengoperasian rumah pompa.

"Kami berupaya semaksimal mungkin dengan mengoperasikan secara optimal semua pompa untuk mengurangi genangan banjir di sejumlah wilayah terdampak," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 23 September, disitat Antara.

Sejumlah wilayah yang tergenang banjir di antaranya Jalan Kurinci, Jalan Slamet, Krapyak Lor, Jalan Jlamprang, Patiunus, dan Jalan Semarang.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pusdataru Jateng dan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana dalam penanganan banjir tersebut.

Adapun untuk penanganan genangan air di Jalan Kurinci dan Jalan Slamet, kata dia, memang sempat mengalami kendala karena saat mengoperasikan pompa di Jalan Slamet akan berdampak banjir di Bendingsari dan Kampung Baru.

"Sedangkan untuk di Jalan Surabaya, Jalan Patiunus, dan Jalan Jlamprang semua pompa sudah beroperasi namun karena tingginya debit air hujan yang ada sehingga perlu waktu dalam mengurangi genangan banjir," katanya.

"Kami berharap pompa-pompa besar yang berada di Bendung Gerak Kali Loji yang dikelola oleh BBWS Pemali Juana bisa secepatnya dapat beroperasi sehingga bisa memaksimalkan penanganan banjir dan rob di daerah ini," katanya.