Besok Pimpinan KPK Disebut Bakal Umumkan Hasil Laporan Kaesang Soal Fasilitas Jet Pribadi

JAKARTA - Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan proses administrasi terkait laporan penggunaan jet pribadi yang disampaikan oleh Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sudah selesai. Dia sudah menyampaikan ke pimpinan.

“Sudah rampung. Hari ini saya kirim ke pimpinan nanti pimpinan yang menyampaikan,” kata Pahala kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Senin, 23 September.

Pahala bilang pengumuman bukan disampaikan dirinya meskipun Direktorat Gratifikasi KPK berada di bawah kedeputiannya. “Nanti pimpinan yang umumkan,” tegasnya.

Sementara saat disinggung soal waktu pasti penyampaian hasil, Pahala hanya menjawab singkat. “Kayaknya besok, ya,” ungkap dia.

Adapun Juru Bicara KPK Tessa Mahardika belum menginformasikan soal waktu pasti pengumuman soal tindak lanjut laporan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Katanya, langkah ini masih menunggu penyelesaian administrasi.

“Sampai saat dengan saat ini KPK masih dalam proses penyelesaian administrasi untuk pelaporan gratifikasi saudara KP,” ujarnya saat dikonfirmasi VOI.

Tessa mengatakan proses administrasi ini bukan hanya pada Direktorat Gratifikasi KPK, tapi juga di Direktorat Penerimaan Layanan dan Pelaporan Masyarakat (PLPM). Sehingga, pihaknya masih butuh waktu.

Diketahui, KPK juga sudah menerima dua aduan soal penggunaan jet pribadi oleh Kaesang. Mereka yang mengadu adalah Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) dan dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun.

Dalam laporannya, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyampaikan sebuah MoU kerja sama antara Pemkot Solo dengan PT Shopee Indonesia Internasional terkait pengembangan UMKM. Ia menduga pesawat jet yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Sementara dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun melaporkan gaya hidup mewah Kaesang bersama istrinya yang menggunakan private jet ke Amerika Serikat.

"Bila nanti ada informasi terkait hal tersebut akan kami sampaikan," tegas juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PSI yang juga anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sudah menyampaikan ke KPK perihal penggunaan fasilitas jet pribadi yang digunakannya saat plesir ke Amerika Serikat bersama istrinya, Erina Gudono pada Selasa, 17 September lalu. Klaimnya, dia menumpang pesawat milik temannya yang akan berpergian ke rute yang sama.