SBY Kembali di Hari Ketiga Pestapora 2024 untuk Melukis di Atas Panggung

JAKARTA - Setelah tampil di gelaran hari pertama Pestapora 2024, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali pada gelaran hari ketiga yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu, 22 September.

Kehadiran SBY bukan untuk bernyanyi, dia datang untuk menunjukkan kebolehannya dalam melukis. Di atas panggung Klab Klub Stage, dia melukis pemandangan Gunung Lawu disaksikan banyak orang.

"Saya akan menggambar pemandangan alam di Indonesia. Ada satu gunung, gunung Lawu di Jawa Tengah, dari Ponorogo," kata SBY.

Lukisan tersebut ia beri judul “Sunset Over Mount Lawu”.

Momen melukis itu dipandu oleh Vincent dan Desta. SBY menggunakan kuas besar untuk melukis. Sambil menggoreskan kuas di atas kanvas, ia pun memberi beberapa penjelasan.

"Menggunakan big brush, kuas besar, tidak detail, yang penting menggambarkan senja Gunung Lawu," ujar SBY.

SBY juga mengungkapkan alasannya yang kerap menggambar pemandangan alam Indonesia yang indah.

"Ini agak filosofis. Di dunia ini banyak sekali masalah, tapi ingatlah bahwa Tuhan menghadirkan keindahan alam bagi kita, di tengah-tengah kegaduhan dunia,” katanya.

“Ada ketenangan di sana. Semuanya mengalir tidak bisa direncanakan, di-planning. Just follow your heart, your feelling. Mau melukis, melukis aja di mana pun, tidak usah takut. Art itu freedom, berani aja," tandansya.