Francesco Bagnaia Juara Sprint GP Emilia-Romagna 2024 Kian Dekat dengan Jorge Martin

JAKARTA - Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team semakin mendekati puncak klasemen setelah tampil gemilang di Sprint Gran Premio Pramac dell’Emilia-Romagna, Sabtu, 21 September. Pembalap Italia tersebut awalnya sempat tergeser ke posisi kedua, namun berhasil merebut kembali posisi terdepan di Lap 8.

Bagnaia mengamankan kemenangan penting setelah bersaing ketat dengan rival gelar juara, Jorge Martin dari Prima Pramac Racing, yang kini hanya unggul empat poin menjelang balapan utama Minggu, 22 September. Sementara itu, rekan setim Bagnaia, Enea Bastianini, berhasil finis ketiga setelah memulai Sprint dengan baik.

Martin melakukan start sempurna di awal Sprint, melesat cepat menuju Tikungan 1 dan langsung memimpin jalannya balapan. Pada awal-awal lap, ia mendorong keras hingga Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing berhasil melewati Bagnaia, membuat sang juara bertahan turun ke posisi ketiga.

Bagnaia tidak menunggu lama untuk menyerang, dan Binder akhirnya turun ke posisi keempat setelah Bagnaia dan Bastianini mengisi posisi podium. Di belakang mereka, Marc Marquez dari Gresini Racing MotoGP™ mulai merangsek ke posisi lima setelah memulai balapan dari posisi ketujuh.

Perhatian kembali tertuju ke Bagnaia yang semakin mendekati pemimpin klasemen Martin, dengan jarak kurang dari setengah detik. Namun, di Lap 8, Martin membuat kesalahan dengan melebar di Tikungan 13, memberikan kesempatan bagi Bagnaia untuk mengambil alih posisi terdepan. Begitu memimpin, Bagnaia terus meningkatkan jarak dan mencetak waktu lap terbaiknya, memperkuat posisinya di puncak.

Sementara itu, Marc Marquez juga membuat kesalahan di Tikungan 13, yang membuat Pedro Acosta dari Red Bull GASGAS Tech3 semakin mendekat. Meski begitu, Marquez berhasil mempertahankan posisi keempat hingga akhir balapan.

Di belakang, pertarungan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi poin terakhir, dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP Team), Marco Bezzecchi (Pertamina Enduro VR46 Racing Team), dan Franco Morbidelli dari Prima Pramac Racing bersaing ketat. Pada akhirnya, Quartararo berhasil mengamankan posisi ketujuh, sementara Bezzecchi di posisi kedelapan, dan Morbidelli finis kesembilan.

Bagnaia akhirnya mengunci kemenangan dengan selisih hanya 0,285 detik dari Martin, dengan Bastianini melengkapi podium di posisi ketiga. Marquez berhasil bertahan di posisi keempat, sementara Acosta finis di urutan kelima setelah mengalahkan Binder yang harus puas di posisi keenam.

Balapan utama GP Emilia-Romagna akan digelar Minggu pukul 13:00 waktu setempat, di mana Bagnaia bertekad untuk mengulang kesuksesannya dan mempersempit jarak dalam perebutan gelar juara dunia.