Strategi Ridwan Kamil Atasi Banjir Jakarta, Bikin 'Parkiran Air' di Bogor

JAKARTA - Bakal Calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil menyebut memiliki strategi untuk mencegah banjir. Caranya dengan membuat bendungan kecil di wilayah Bogor.

Menurutnya, strategi itu dapat dilakukan apabila mendapat persetujuan dari DPRD perihal anggaran.

"Di Selatan, izinkan anggota dewan menyetujui anggaran, kita beli lahan-lahan di Kota Bogor, Kabupaten Bogor untuk jadi bendungan-bendungan kecil," ujar Ridwan Kamil dalam sambutannya di DPD Golkar Jakarta, Sabtu, 21 September.

Bendungan itu disebut berfungsi sebagai parkir air sementara sebelum mengalir ke Jakarta. Dengan adanya bendungan itupun dianggap bisa mengendalikan air.

"Parkir air sebelum air datang mengalir ke Jakarta," sebutnya.

Sejauh ini, sudah ada dua bendungan yang ada di wilayah Bogor. Pembuatannya ketika Ridwan Kamil menjabat Gubernur Jawa Barat.

"Dua bendungan sudah terjadi, namanya bendungan Srimahi dan Ciawi," ucap Ridwan Kamil.

Sementara untuk pengendalian banjir di wilayah utara Jakarta, Ridwan Kamil menyampaikan sudah ada bendungan berbentuk kawasan. Saat ini, bendungan itu dinilai cukup efektif mengatasi banjir rob.

"Banjir di utara karena laut, presiden bersama gubernur sudah menyiapkan bendungan, berbentuk kawasan bendungannya. Itu yang disebut Giant Sea Wall," kata Ridwan Kamil.