Akhir Pekan Ini, Napak Jagat Nusantara Bakal Meriahkan Rangkaian HUT ke-79 TNI

JAKARTA - Komunitas penampil seni dan budaya Napak Jagat Nusantara mendapat kehormatan dipercaya sebagai pengisi utama Pagelaran Budaya Nusantara dalam rangkaian Peringatan HUT ke-79 TNI. Bertempat di Lapangan Monas Jakarta pada 21-22 September 2024, Napak Jagat Nusantara tampil memukau menyajikan berbagai keluhuran budaya Indonesia, mulai dari kesenian musik tradisional, tari-tarian, wayang golek, hingga komedi.

Napak Jagat Nusantara yang tampil di rangkaian HUT ke-79 TNI merupakan bentuk transformasi dari yang lebih dulu dikenal sebagai Napak Jagat Pasundan (NJP). Kelompok pelaku seni dan budaya dari Tanah Pasundan ini telah eksis sejak 2013 dan menjadi bagian dari Komunitas Coklat Kita, termasuk tampil di berbagai panggung seni budaya tingkat nasional hingga ke mancanegara.

Perwakilan dari Coklat Kita Napak Jagat Nusantara - Felix Wirawan, mengatakan pertunjukan ini khusus dipersembahkan dalam mendukung TNI sebagai garda terdepan Bangsa dan Budaya Indonesia. “Dengan gelaran Napak Jagat Nusantara dari Coklat Kita pada rangkaian Perayaan HUT ke-79 TNI, kami tentu berharap ini dapat menjadi daya tarik sekaligus menginspirasi masyarakat luas untuk semakin mencintai keluhuran seni dan budaya kita,” ungkap Felix Wirawan.

Ia menjelaskan, sejalan dengan spirit kebersamaan di antara pegiat seni budaya Indonesia, Napak Jagat Nusantara menghadirkan pertunjukan kolaborasi apik dari para seniman lokal maupun seniman yang telah memiliki nama besar di panggung mancanegara. Beberapa di antaranya E.R Ethnic Percussion feat Kiki Juliar, Manshur Angklung, Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya Giriharja 2 Putu, hingga deretan penyanyi seperti Adella feat Difarina Indra, Sherly KDI, Nurma KDI, Lusyana Jelita, Cantika Nuswantoro, dan Devita Salanatya.

“Kami juga melibatkan berbagai sanggar dan lingkup seni dari Jawa Barat seperti Sanggar Algia dari Pangandaran, Sanggar Cantika Studio dari Kabupaten Bandung, Sanggar Putra Jayabaya dari Cirebon, Sanggar Way Talatah dari Subang, Sanggar Sona Soni dari Sumedang, Kendangers Garut, dan Sanggar Korwar dari Jakarta. Kesenian ini akan dikemas dalam sajian pentas wayang golek, rampak kendang, angklung, dan tarian medley Nusantara,” jelas Felix.

Aksi panggung budaya dari Napak Jagat Nusantara ini tentu semakin menambah semarak rangkaian Peringatan HUT ke-79 TNI yang dimulai 21-22 September di Lapangan Monas Jakarta. Selain Napak Jagat Nusantara, rangkaian kegiatan meliputi pameran alutsista, donor darah, bakti kesehatan, pembagian sembako, hiburan Band TNI hingga agenda olahraga seperti Panglima TNI Fun Run 5K dan Panglima TNI 10K.