Cara Cuci Hidung dan Langkah-langkah yang Bisa Anda Lakukan

YOGYAKARTA - Hidung yang tersumbat pastinya menimbulkan rasa tidak nyaman pada pengidapnya. Selain ditangani dengan pengobatan medis, Anda juga dapat menggunakan cara alami untuk menangani masalah hidung tersumbat. Salah satunya yaitu dengan cara cuci hidung menggunakan larutan NaCl atau larutan saline.

Selain efektif, cara ini juga sangat aman sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga usia lansia. Namun, pastikan Anda memahami langkah yang tepat dalam melakukannya agar bisa menerima manfaatnya dengan optimal.

Manfaat Melakukan Cuci Hidung

Hidung adalah bagian dari saluran pernapasan yang cukup penting. Setiap harinya, hidung menghirup 10.000-15.000 liter udara.

Selain itu, organ satu ini juga banyak menghirup udara yang mengandung polutan, debu, virus, hingga bakteri.

Oleh karena itu, penting bagi Anda agar melindungi diri di tengah polusi udara ibu kota yang sudah lama tidak memiliki kualitas yang sehat bagi tubuh.

Selain itu, polusi juga dapat menyebabkan hidung mengalami peradangan dan membuat organ tersebut menjadi lebih mudah kering.

Sehingga, penyaringan udara menjadi tidak optimal dan memicu kotoran, debu, hingga penumpukan bakteri dalam hidung.

Penumpukan kotoran dalam hidung akan menjadikan hidung tersumbat atau tidak nyaman saat seseorang bernapas.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan cuci hidung agar dapat merasakan berbagai manfaatnya, antara lain:

  • Dapat bernapas menjadi lebih lega sehingga Anda akan merasa lebih berenergi dan aktif untuk menjalani berbagai kegiatan.
  • Mempunyai kualitas tidur lebih baik.
  • Melembapkan hidung.
  • Membuang lendir dari dalam hidung.
  • Mengurangi risiko infeksi pada hidung.
  • Menurunkan risiko alergi.
  • Menyembuhkan gejala asma.
Cara cuci hidung (Pixabay)

Cara Cuci Hidung

Sebelum Anda membersihkan hidung dengan cairan ini, pastikan Anda telah mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Setelah itu, Anda dapat mulai cuci hidung dengan menjalani langkah-langkah di bawah ini:

Siapkan larutan untuk membersihkan hidung

Pertama, sediakan larutan NaCl yang hendak Anda gunakan. Selain itu, jangan lupa sediakan pula spuit berukuran 10 cc dan wadah yang steril untuk Anda gunakan dalam proses mencuci hidung.

Campurkan cairan ke dalam spuit

Selanjutnya, masukkan cairan ke dalam spuit secara perlahan. Pastikan jumlah cairan sudah sesuai dengan keperluan yang hendak Anda gunakan.

Posisikan tubuh senyaman mungkin

Biasanya saat cuci hidung, posisi yang nyaman yaitu berdiri dekat dengan wastafel atau kamar mandi.

Kemudian, posisikan kepala sedikit miring. Anda dapat memiringkan kepala sekitar 45 derajat ke kanan jika mencuci lubang hidung kiri dan sebaliknya. Selanjutnya, buka sedikit mulut dan tahan napas.

Cuci hidung

Langkah selanjutnya, masukkan ujung spuit ke dalam hidung yang hendak Anda bersihkan. Tekan pelan-pelan hingga cairan NaCl habis.

Lalu keluarkan cairan dari kedua lubang hidung dan bersihkan hidung dengan tissue. Ulangi untuk bagian hidung yang lain hingga Anda merasa lebih baik.

Bersihkan hidung

Setelah kedua hidung Anda bersihkan, keluarkan udara dengan kuat melalui hidung. Hal ini dilakukan agar sisa kotoran dan lendir yang muncul pada hidung dapat dibersihkan.

Kemudian, bersihkan sisa kotoran dan lendir yang keluar dari hidung dengan tisu kering. Buang bekas tisu dan jangan lupa untuk mencuci tangan kembali dengan sabun serta air yang mengalir.

Demikianlah ulasan tentang cara cuci hidung dan langkah-langkah yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.