Bandara IKN Belum Didarati Jokowi, Menhub: Ada Tahapannya

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi buka-bukaan soal persiapan Bandara Nusantara IKN, Kalimantan Timur untuk bisa didarati pesawat kepresidenan. Dia bilang ada tahapan-tahapan yang dilakukan.

Budi mengatakan selama dua minggu ke belakang pihaknya sibuk melakukan kalibrasi hingga uji coba penerbangan di Bandara IKN. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh apa daya dukung Bandara IKN untuk bisa beroperasi.

“Jadi kalau kita membangun kan ada tahap-tahapannya. Jadi dalam satu-dua Minggu terakhir ini kita sudah melakukan kalibrasi-pengecekan atas daya dukung bandara itu. Dan apa yang kita lakukan memang sudah sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 20 September.

Budi bilang hingga saat ini serangkaian uji coba pendaratan terus dilakukan. Budi bilang pesawat kualifikasi yang sama persis seperti pesawat Kepresidenan Indonesia bakal dijajal untuk mendarat di IKN.

Lebih lanjut, Budi mengatakan jika uji coba tersebut berjalan lancar maka pesawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mendarat di bandara tersebut.

“Tahapan-tahapan selanjutnya akan dilakukan. Hari ini akan dilakukan tes landing dari pesawat yang kapasitasnya kualifikasinya sama dengan pesawat presiden. Artinya kalau hari ini berjalan dengan baik, maka pesawat presiden akan mendarat di sana,” ucapnya.

“Segala sesuatu ini kita lakukan dengan hati-hati mengingat ini adalah satu bandara yang memang sangat khusus maka kita lakukan dengan sistematis dan insyaallah bisa berjalan dengan baik,” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat ingin mendarat di bandara baru Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur kemarin. Namun, bandara tersebut belum memungkinkan untuk didarati pesawat kepresidenan.

Seperti diketahui, Jokowi terbang ke IKN pada Kamis, 12 September. Kedatangannya dalam rangka memimpin sidang kabinet paripurna yang digelar pada pagi tadi.

“Kemarin sebetulnya pingin turun di airport baru. Tapi ternyata belum memungkinkan,” katanya dalam sambutan di acara peresmian Swiss Nusantara Hotel, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 13 September.

Jokowi bilang masih harus menunggu bandara IKN melakukan uji coba pendaratan dan lepas landas dengan pesawat yang ukurannya sama dengan pesawat kepesidenan.

“Jadi masih menunggu percobaan landing dan take off dari pesawat-pesawat yang mencobanya. Sehingga memang pesawat yang kita tumpangi belum bisa turun di Airport Nusantara,” jelasnya.