4 Pedoman Mix and Match Batik Modern Kasual

YOGYAKARTA - Batik adalah sebuah warisan budaya Indonesia yang kini semakin populer dan banyak diminati kalangan anak muda. Artikel ini akan membahas mix and match batik yang terlalu menarik untuk dilewatkan.

Tak hanya dijadikan pakaian formal, batik juga kerap dipadupadankan dengan gaya kekinian. Mix and match batik menjadi tren yang menarik karena mampu memadukan tradisi dengan gaya modern.

Bagaimana cara memadukan batik agar tetap terlihat stylish dan sesuai dengan kepribadian? Mari kita bahas lebih lanjut.

Mix and Match Batik

  • Cari Inspirasi Kekinian

Selain gaya tradisional, kebaya, dan kemeja batik untuk pria, gaya batik juga mencakup desain modern dengan warna cerah dan jenis detail berpola yang baru juga patut Anda coba.

Beberapa orang bahkan mungkin memilih untuk menumpuk potongan batik tradisional atau modern dengan jenis pakaian lainnya. Misalnya, rok batik panjang dapat dipadukan dengan jaket denim atau atasan sutra pendek untuk gaya yang lebih canggih.

Selain itu, Anda mungkin tidak perlu selalu mengikuti gaya yang Anda lihat secara online. Sebaliknya, Anda dapat memilih untuk mengambil inspirasi dari berbagai jenis pakaian batik yang tersedia di retail dan mengeksplorasi dengan berbagai cara.

Baca juga artikel yang membahas Tips Merawat Kain Batik yang Benar Agar Motifnya Tetap Awet dan Warnanya Tak Luntur

  • Aksesoris Tepat

Alih-alih mengenakan batik dari ujung kepala hingga ujung kaki, Anda dapat memulai dengan satu potong pakaian atau aksesori batik untuk mengeksplorasi gaya Anda untuk membangun kepercayaan diri.

Cobalah ikat kepala batik, yang memiliki pola yang rumit dan dapat dipadukan dengan jeans, rok, atau pakaian lainnya untuk gaya kasual. Rok batik juga merupakan pakaian lain yang mudah untuk diaplikasikan.

Cobalah mencocokkan beberapa item di atas dengan atasan pendek yang pas, atasan satu bahu, atau atasan cami untuk jalan-jalan di mal dengan teman-teman.

Panduan Memilih Aksesoris Batik yang Tepat (freepik)
  • Memakai Batik pada Kesempatan Casual

Gaya santai lebih mudah diaplikasikan, jadi mengapa tidak mengenakan beberapa pakaian batik yang menawan untuk kesempatan kasual Anda?

Baik itu bersantai di rumah teman, pergi ke pantai, atau berpiknik di taman, potongan batik adalah gaya sempurna untuk menghadirkan suasana musim panas yang santai.

Bagi wanita, cobalah memilih gaun batik berlengan pendek dengan warna cerah dan ceria, sementara pria dapat mengenakan celana pendek batik dengan t-shirt berwarna solid atau bergrafik untuk mendapatkan kesan gaya yang santai.

Secara keseluruhan, temukan paduan yang memudahkan Anda untuk mengenakan pakaian kasual. Dengan demikian, Anda dapat leluasa dan bersenang-senang menata gaya berbatik dengan cara apa pun yang Anda sukai.

  • Gaun Maxi Tanpa Lengan

Memiliki potongan jatuh tepat di atas pergelangan kaki dalam siluet A-line, gaun maxi dapat menciptakan garis luar yang lembut yang melengkapi hampir semua bentuk tubuh atau tipe.

Karena panjangnya, gaun maxi batik adalah pilihan yang ideal untuk acara yang lebih formal seperti pertemuan makan malam atau pesta, terutama ketika dibuat dengan kain mewah seperti sutra atau viskosa.

Viskosa adalah jenis kain rayon yang meniru sifat-sifat sutra, sehingga menciptakan nuansa yang mewah atau canggih. Gaun ini juga memiliki potongan pakaian batik yang cocok untuk berbagai acara khusus.

Selain mix and match batik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!