M Bloc Music Festival Jadi Inkubasi Artis Pendatang Baru yang 'Berbahaya'

JAKARTA - Merayakan hari jadinya yang ke-5 pada 26 September, M Bloc akan menggelar serangkaian event bertajuk Evoria M Bloc Fest 2024. Acara akan berlangsung selama 10 hari, mulai 27 September hingga 6 Oktober di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Acara ini terdiri dari M Bloc Design Week (27 September – 6 Oktober), M Bloc Music Festival (27, 28, 29 September) lalu X Short, X Fashion, dan X OpenLab (27, 28, 29 September).

Sesuai visinya sebagai Festivals For the Next Big Things, acara ini sengaja melibatkan banyak anak muda dan pendatang baru di ranah seni, termasuk design, fashion, film hingga musik. Lewat penyelenggaraan event tahunan, M Bloc bakal jadi melting pot komunitas untuk berjejaring di Jakarta.

Menariknya, proses kurasi, penemuan talenta, serta karya-karya baru bagi M Bloc Fest tahun ini sudah berjalan sejak awal tahun melalui ajang Evoria Festival 2024 yang digelar pada 26 Mei hingga 2 Juni lalu di M Bloc Space. Selain pertunjukan musik dan fashion, diadakan pula inkubasi musik, film, fashion, art & design dalam format lokakarya, temuwicara, hingga konsultasi karya bersama para profesional di bidang masing-masing.

Di M Bloc Music Fest akan tampil sederet musisi yang dominan berusia muda dan emerging artists. Kehadiran mereka didukung penuh lewat kurasi, pembekalan dan membuka networking.

Jumlah artis musik yang ikut mendaftar pada ajang Evoria tahun ini tercatat sebanyak 907 musisi/band dari berbagai kota di Indonesia. Dari hampir seribu submission itu, dipilih sekitar 200 untuk proses inkubasi.

Di tahap tersebut mereka akan mendapat banyak pengetahuan dan koneksi baru. Selanjutnya, penyelenggara akan kmembali menyaring hingga terpilih tiga musisi yang akan difokuskan lebih.

"Dari sini, harapan kami bisa membawa mereka terbang ke mana-mana. Dalam satu hingga tiga tahun mungkin mereka akan tampil tak hanya di festival musik dalam negeri tapi juga festival di luar negeri," ujar Edric Chandra selaku Program Initiator Evoria Movement.

Program Director of M Bloc Group, Wendy Putranto juga merekomendasikan sejumlah musisi muda dan 'berbahaya' yang akan lahir dari program inkubasi ini. Beberapa nama yang ia sebut antara lain Amis, Intisore dan KRLY.

Sejumlah musisi kenamaan juga muncul di lineup M Bloc Music Fest, di antaranya Voice of Baceprot (VoB), Ghea Indrawari, Morfem hingga Tuan Tigabelas x Yacko. Namun penyelenggara menyebut kehadiran nama besar ini bukanlah sorotan utama.

"Jadi mereka-mereka ini adalah Co-headliner, karena yang jadi headliner adalah musisi-musisi muda yang selama ini mungkin belum pernah tampil di panggung manapun," tandas Wendy.