Harga Mobkas Confero hingga Air ev Turun Drastis, Ini Tanggapan Wuling

JAKARTA - Mobil bekas kini menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang mencari kendaraan dengan harga lebih terjangkau, termasuk model dari merek Wuling. Merek ini menawarkan beragam opsi menarik di pasar mobil bekas dengan harga yang cukup kompetitif.

Menurut pantauan VOI di salah satu situs jual beli mobil bekas, harga mobil Wuling bekas bervariasi. Sebagai contoh, Wuling Confero keluaran tahun 2020 kini ditawarkan dengan harga antara Rp75 juta hingga Rp85 juta. Sementara itu, model Wuling Cortez keluaran 2018-2021 dijual dengan kisaran harga Rp145 juta.

Tak hanya itu, SUV andalan Wuling, Almaz, produksi tahun 2019 kini dijual dengan harga mulai dari Rp150 juta hingga Rp165 juta di pasar mobil bekas. Yang lebih menarik lagi, Wuling Air ev, mobil listrik murni, sudah mulai tersedia di pasar mobil bekas dengan harga termurah Rp150 juta untuk keluaran 2023 hingga 2024.

Meski harganya terjangkau, mobil bekas Wuling masih menghadapi tantangan, salah satunya adalah resale value yang cenderung rendah. Lalu, apa yang menyebabkan harga mobil Wuling turun drastis di pasar bekas?

Public Relations Manager Wuling Motors, Brian Gomgom, menjelaskan bahwa pasar mobil bekas Wuling masih dalam tahap perkembangan, mengingat merek ini baru hadir di Indonesia selama tujuh tahun.

"Kami masih membutuhkan waktu untuk membentuk pasar mobil bekas Wuling. Saat ini, kami melihat peluang untuk menciptakan pasar tersebut," kata Gomgom saat ditemui di SCBD, Selasa, 17 September.

Ia juga menambahkan bahwa segmen kendaraan listrik (EV) bekas, seperti Wuling Air ev, masih membutuhkan waktu untuk berkembang, mengingat teknologi ini baru mulai tumbuh di Indonesia selama dua tahun terakhir. "Pasar untuk EV second masih belum terbentuk sepenuhnya. Ini akan memerlukan waktu, terutama karena segmen EV masih sangat baru," ujar Gomgom.

Sementara itu, Gomgom membandingkan dengan mobil bermesin bensin (ICE) yang telah mapan di pasar mobil bekas. "Mobil bermesin ICE sudah ada selama puluhan tahun, sehingga pasarnya sudah terbentuk dengan baik dan harganya lebih stabil," pungkasnya.