Surat Al-Zalzalah dan Artinya, Berikut Keutamaan Bagi yang Membaca

YOGYAKARTA - Surat Al-Zalzalah adalah surat pendek yang menjadi salah satu surat dalam Juz Amma (Juz 30) yang terdiri dari 8 ayat dan tergolong surat Madaniyah, karena turun saat Rasulullah SAW sudah hijrah dari Makkah ke Madinah. Surat Al-Zalzalah sendiri diturunkan tepat setelah surat An-Nisa’. Surat Al-Zalzalah ayat 1-8 sendiri namanya diambil dari kata Zilzaal yang berarti 'goncangan' dan terdapat pada ayat pertama surat ini. Simak ulasan tentang surat Al-Zalzalah dan artinya di bawah ini.

Surat Al-Zalzalah ayat 1-8 berisi tentang hari kiamat dan juga berbagai macam hal yang akan menimpa manusia pada hari akhir nanti. Selain itu, surat ini juga mengabarkan tentang goncangan dahsyat yang terjadi di bumi hingga semua yang ada di perut bumi seperti logam, bebatuan, harta hingga mayat-mayat akan dimuntahkan.

Dirangkum dari Juz Amma, berikut adalah surat Al-Zalzalah ayat 1-8 dalam teks bahasa Latin dan artinya.

Surat Al-Zalzalah dan Artinya

Di bawah ini adalah bacaan surat Al-Zalzalah dalam teks Latin dan artinya:

  1. Iza zulzilatil-ardu zilzalaha

Artinya: "Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,"

  1. Wa akhrajatil-ardu asqalaha

Artinya: "Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,"

  1. Wa qalal-insanu ma laha

Artinya: "Dan manusia bertanya, 'Apa yang terjadi pada bumi ini?'"

  1. Yauma'izin tuhaddiu akhbaraha

Artinya: "Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,"

  1. Bi'anna rabbaka auha laha

Artinya: "karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya."

  1. Yauma'iziy yasdurun-nasu asytatal liyurau a'malahum

Artinya: "Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya."

  1. Fa may ya'mal misqala zarratin khairay yarah

Artinya: "Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,"

  1. Wa may ya'mal misqala zarratin syarray yarah

Artinya: "dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya."

Keutamaan Bagi Muslim yang Membaca Surat Al-Zalzalah

Bagi umat Muslim yang rutin dan istiqomah mengamalkan surat Al Zalzalah, maka ia akan menerima keutamaannya sebagai berikut:

Ganjaran pahala yang besar

Keutamaan membaca surat Al Zalzalah yaitu mendapatkan pahala yang besar. Pahala yang dimaksud setara dengan membaca setengah dari Alquran. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda,

"Surat Al Zalzalah itu sepadan dengan setengah Alquran, wal 'adhiyat itu sepadan setengah Alq, surat Al Ikhlas itu sepadan sepertiga Alquran, dan surat Al Kafirun sepadan dengan seperempat Alquran."

Mendapatkan surga

Keutamaan membaca surat Al Zalzalah berikutnya yaitu mendapatkan Surganya Allah. Hal ini diungkapkan dari Abi Abdullah:

"Janganlah kalian bosan membaca surat Al-Zalzalah, karena sesungguhnya barang siapa yang membacanya di dalam sholat sunahnya, maka Allah tidak akan menimpakan bencana (gempa bumi) selamanya dan ia tidak akan mati karenanya.

Selain itu, tidak juga ia terkena petir dan beberapa malapetaka di dunia lainnya. Lalu ketika ia meninggal, maka diperintahkan menuju surga. Lalu Allah berfirman, 'Wahai hamba-Ku, Aku memasukkanmu ke dalam surga-Ku, maka tinggallah di dalamnya selama kamu inginkan, tidak dilarang dan tidak pula ditolak.'" (Tsawabul A'mal: 112)

Demikianlah ulasan tentang surat Al-Zalzalah dan artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.