Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam agama Islam, menyantuni anak yatim merupakan salah satu amalan yang bernilai pahala besar. Supaya mendapat keberkahan dari Allah AWT, seorang muslim disarankan untuk melafalkan doa menyantuni anak yatim.

Lantas, apa keutamaan menyantuni anak yatim? Apa doa khusus ketika menyantuni anak yatim? Mari cari tahu jawaban selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Sebagai informasi, anak yatim masuk dalam golongan orang-orang yang wajib dimuliakan. Kata yatim berasal dari bahasa Arab yang artinya seorang anak dalam usia belum baligh yang ayahnya telah meninggal dunia. Anak-anak inilah yang memiliki hak untuk diberi kasih sayang bagi sesama muslim.

Keutamaan menyantuni anak yatim termaktub dalam surah Al-Baqarah ayat 220. Seorang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan pahala yang sangat besar.

Allah SWT berfirman:

فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلْيَتَٰمَىٰ ۖ قُلْ إِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۖ وَإِن تُخَالِطُوهُمْ فَإِخْوَٰنُكُمْ ۚ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ ٱلْمُفْسِدَ مِنَ ٱلْمُصْلِحِ ۚ وَلَوْ شَآءَ ٱللَّهُ لَأَعْنَتَكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Artinya: “Tentang dunia dan akhirat. Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan. Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Selain itu, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang pentingnya menyantuni anak yatim. Hadis tersebut berbunyi:  

ما من مائدة أعظم بركة من مائدة جلس عليها يتيم

Artinya: “Tidak ada meja makan yang paling besar barakahnya melebihi meja makan yang mana anak yatim duduk bersama.”

Adapun beberapa keutamaan menyantuni anak yatim adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kedudukan yang dekat dengan Rasulullah SAW ketika di surga.
  • Umat muslim yang menyantuni dan mengasihi anak yatim akan mendapat balasan surga.
  • Diselamatkan dari siksa hari kiamat.
  • Termasuk golongan orang yang taat.
  • Bernilai amal jariyah atau amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun pelakunya sudah meninggal dunia.

Doa Menyantuni Anak Yatim

Menyadur laman NU Online, ada beberapa doa yang dapat dibaca ketika menyantuni anak yatim. Doa-doa menyantuni anak yatim tersebut, yakni:

1. Doa mengusap kepala anak yatim

Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika menyantuni anak yatim adalah dengan mengusap kepalanya. Ini adalah bentuk ekspresi kepedulian dan kasih sayang seseorang kepada anak yatim.

Ketika mengusap kepala anak yatim, umat Islam dianjurkan membaca doa agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Dalam kitab Faidul Qadir karya Imam al-Munawi, doa ketika mengusap kepala anak yatim adalah sebagai berikut:

جَبرَ اللهُ يُتْمَكَ وَجَعَلَكَ خَلْفًا مِنْ أَبِيْكَ

Artinya: “Semoga Allah menutup keyatimanmu dan menjadikanmu sebagai pengganti yang baik dari ayahmu.” (al-munawi, Faidh al Qadir,  [Mesir, al-Maktabah at-Tijariyyah al-Kubra: 1356 H], jilid. 1, halaman. 108).

2. Doa ketika menjamu makan anak yatim

Selain mengusap kepala, menyantuni anak yatim juga dapat dilakukan dengan memberikan jamuan makanan.

Ketika menjamu anak yatim untuk makan bersama, seseorang dianjurkan untuk membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي فِيهِ رَحْمَةَ الْأَيْتَامِ وَ إِطْعَامَ الطَّعَامِ وَ إِفْشَاءَ السَّلامِ وَ صُحْبَةَ الْكِرَامِ بِطَوْلِكَ يَا مَلْجَأَ الْآمِلِين

Artinya: “Ya Allah, berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-MU. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

Doa ini tercantum dalam kitab Miftah Al-Jannat fi Al-Ad’iyah wa Al-A’mal wa Al-Shalawat wa Al-Ziarat. Sedianya, doa ini dianjurkan dibaca ketika bulan Ramadan. Akan tetapi, karena kandungan doa ini berkaitan dengan anak yatim, maka tidak ada salahnya untuk membaca do aini ketika sedang menyantuni anak yatim.

Demikian informasi tentang doa menyantuni anak yatim. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.