Wamil Berapa Lama di Korea? Begini Pembagiannya

YOGYAKARTA – Korea Selatan adalah salah satu negara yang mewajibkan masyarakatnya untuk mengikuti wajib militer (wamil). Bahkan, banyak idol yang diharuskan mengikuti wamil jika syarat dan ketentuannya telah terpenuhi. Program yang diikuti idol Korea tersebut membuat para penggemarnya bertanya tentang wamil berapa lama di Korea.

Wamil Berapa Lama di Korea?

Perlu diketahui bahwa program wamil di Korea Selatan adalah bagian dari bela negara yang bertujuan sebagai mitigasi peperangan atau kondisi lain yang berpotensi mengancam kedaulatan negara. Program ini wajib diikuti oleh pria Korea. Setelah lulus SMA, mereka akan menyelesaikan dulu satu atau dua tahun perkuliahan mereka baru setelah itu mereka ikut program ini. Namun ada pula yang memilih menunda untuk menyelesaikan kelulusan mereka di universitas baru kemudian memulai wamil.

Dilansir dari 90 Day Korean, lamanya masa dinas militer seseorang berbeda-beda tergantung pada berbagai hal mulai salah satunya adalah di cabang militer mana yang dipilih. Untuk wamil di Angkatan Darat dan Marinir Korea Selatan wamil akan diselenggarakan selama 21 bulan, sedangkan wamil di Angkatan Laut selama 23 bulan, dan wamil di Angkatan Udara adalah 24 bulan. Korea Selatan berencana memperpanjang masa wajib militer.

Durasi wajib militer di Korea Selatan memang dikenal cukup lama. Korea juga masuk dalam negara asia yang menerapkan wajib militer. Bahkan Korea Selatan masuk dalam 4 negara teratas dunia dengan program wamil terpanjang.

Kegiatan Wamil di Korea Selatan

Selama mengikuti wamil, ada banyak kegiatan yang wajib diikuti. Program tersebut berisi berbagai pelatihan mulai dari fisik mencakup push-up, baris berbaris, hingga menembak.

Selain itu wamil juga diisi dengan pelatihan soft skill salah satunya dilatih untuk berpidato sesuai standar militer dengan pembawaan tegas sekaligus berwibawa.

Syarat Usia Wamil Korea

Setelah seseorang dinyatakan sebagai pria dewasa, yakni usia 18 tahun, maka ia sudah diwajibkan mengikuti wamil. Namun pelaksanaannya bisa ditunda hingga orang tersebut berusia 28 tahun. Penundaan bisa didasarkan pada berbagai faktor seperti alasan kesehatan, karier, pekerjaan, dan sebagainya.

Namun perlu diketahui bahwa wamil korea bisa dikecualikan kepada seseorang dalam kondisi tertentu yakni sebagai berikut.

  1. Masalah Kesehatan

Seseorang yang punya kondisi medis tertentu tidak akan dipaksa untuk mengikuti wamil, namun ia diperbolehkan merampungkan tugas militernya melalui kerja sosial. Namun jika penyakit yang dideritanya kronis, maka wamil tidak wajib dilakukan.

  1. Profesi atau Peran Spesial

Pengecualian wamil juga berlakku untuk seseorang dengan profesi atau peran yang luar biasa seperti ilmuwan atau atlet. Bahkan atlet yang telah menyumbang medali di olimpiade internasional akan dibebaskan dari tugas aktif wamil. Mereka justru akan ditugaskan sebagai personel seni dan olahraga yang direkomendasikan oleh Kementerian terkait.

Itulah informasi terkait wamil berapa lama di Korea. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.