China Open 2024: Jonatan Bertemu Popov, Kedepankan Catatan Pertemuan

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonantan Christie, akan bersua dengan Toma Junior Popov setelah ia memastikan diri mencapai babak kedua China Open 2024.

Jonatan mengamankan tiket babak kedua setelah menghentikan tunggal putra Denmark, Rasmus Gemke, dua gim langsung 22-20 dan 21-18 pada Rabu, 18 September 2024, petang WIB.

Raihan positif itu merupakan kemenangan kedua beruntun Jonatan atas Gemke dalam dua turnamen terbaru. Satu kemenangan lainnya terjadi ketika mereka bersua di babak 16 besar Hong Kong Open 2024 pekan lalu.

Adapun secara keseluruhan, kemenangan tersebut merupakan yang kelima diraih Jonatan atas Gemke. Dari total enam bentrok, satu-satu kemenangan yang diamankan Gemke terjadi saat mereka bertemu di Denmark Open 2019.

"Yang paling terasa signifikan dari kemenangan hari ini dibandingkan pertemuan pekan lalu di Hong Kong Open 2024 adalah kondisi lapangan. Anginnya lebih kencang. Jadi, strategi dan pola permainan harus berbeda," ujar Jonatan.

Sementara itu, Popov yang menjadi lawan Jonatan di babak kedua berhasil melewati babak pertama dengan menekuk tunggal Malaysia, Leong Jun Hao, dalam pertandingan ketat tiga gim.

Popov dan Jonatan sebelumnya telah bentrok sebanyak tiga kali. Dari semua bentrok tersebut, Jonatan tercatat selalu keluar sebagai pemenang.

Hasil yang didapat Jonatan membuat Indonesia punya dua tunggal putra di babak kedua turnamen. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu menyusul rekannya Anthony Sinisuka Ginting.

Ginting sudah terlebih dahulu mendapat tiket ke babak kedua pada hari pertama, Selasa, 17 September 2024. Dia lolos dengan menghentikan langkah rekannya, Chico Aura Dwi Wardoyo.

Total, Indonesia punya enam wakil yang mencapai babak kedua dari 10 wakil yang dikirim ke China Open 2024. Jonatan adalah satu dari empat wakil yang lolos hari ini, mengekori dua tiket pada hari pertama kemarin.