Jokowi Bakal Resmikan Jalan Tol di Sumatera, Ini Bocorannya

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan meresmikan salah satu ruas di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dalam waktu dekat ini.

Adapun jalan tol yang akan diresmikan yakni ruas Lima Puluh-Kisaran sepanjang 31,9 kilometer (km).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi V DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 September.

"Masih ada satu lagi, namanya Tol Lima Puluh-Kisaran," ujar Basuki.

Basuki menyebut, konstruksi jalan bebas hambatan itu sudah rampung dikerjakan dan tinggal menunggu jadwal Presiden Jokowi untuk peresmiannya.

"(Tolnya) sudah jadi sekarang, tinggal tunggu jadwal pak presiden (untuk diresmikan)," kata dia.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Jalan Tol Indrapura-Kisaran memiliki total panjang 47,5 km yang terdiri dari 2 seksi. Seksi I ruas Indrapura-Lima Puluh sepanjang 15,6 km dan Seksi II ruas Lima Puluh-Kisaran sepanjang 31,9 km.

Adapun Seksi I ruas Indrapura-Lima Puluh telah diresmikan oleh Jokowi pada awal Februari 2024.

Sementara, untuk Seksi II ruas Lima Puluh-Kisaran telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) beberapa waktu lalu dan tinggal menunggu diresmikan saja oleh Jokowi.

Nantinya, jalan tol tersebut akan menghubungkan sentra produksi peningkatan perekonomian bagi masyarakat pada wilayah yang terkoneksi, khususnya dari daerah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya dengan mempercepat waktu tempuh dari yang biasanya sekitar 4 jam perjalanan hanya menjadi 2 jam.