Pansus Haji Kecewa Menag Yaqut Absen Rapat karena ke Luar Negeri

JAKARTA - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas tidak menghadiri undangan rapat Pansus Haji DPR yang digelar hari ini lantaran tengah berada di luar negeri. Padahal, Pansus sudah menjadwalkan agenda rapat untuk meminta keterangan dari Menang selaku penanggungjawab pelaksanaan haji 2024. 

"Ya kita mestinya mendengarkan keterangan dari Kemenag sebagai konfirmasi konfrontir dari saksi-saksi yang sudah kita panggil. Bagi pansus sudah cukup baik saksi dari aparat, masyarakat, maupun tertulis atau kehadiran di pansus sudah cukup. Apa yang kita anggap sebuah pelanggaran itu sudah kita dapatkan bukti-bukti, mau kita konfrontir dengan Menag," ujar Wakil Ketua Pansus Haji DPR, Marwan Dasopang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 September. 

"Lah hari ini dia kita panggil, panggilan pertama, dan sudah dijawab tidak hadir. Karena tidak hadir hari ini, kita layangkan surat panggilan kedua, sudah berjalan suratnya," sambungnya. 

Ketidakhadiran Yaqut ke rapat Pansus Haji, lanjutnya, lantaran tengah melakukan perjalanan ke beberapa negara. 

"Bagi kami ini tidak relevan, karena yang paling penting itu adalah memikirkan nasib jemaah haji 5 juta lebih orang. Kemudian haji khusus juga sudah sekitar 4.700 sekian yang dalam keadaan menunggu, daftar tunggunya rata-rata 25 tahun menunggu. Dengan keadaan seperti ini, ada orang yang zig zag baru mendaftar bisa berangkat, ini menyakiti hati rasa keadilannya tidak ada," kata Marwan. 

"Dan yang kedua, itu menggerus keuangan haji, karena belum ada nilainya sudah memakai nilai uang orang. Nah ini berbagai hal, kalau seperti ini keadaannya katakanlah menterinya merasa tidak melakukan, tapi anak buahnya melakukan, marah dong mestinya," lanjutnya. 

Marwan menyayangkan Yaqut meninggalkan Indonesia di tengah jadwal rapat yang sudah diagendakan. Semestinya, menurut Marwan, Yaqut lebih bijak menyelesaikan dulu kewajibannya dengan DPR apalagi terkait urusan umat. 

"Dia sudah tahu persidangan ini, sejak awal kan dia sudah tahu. Mestinya dia selesaikan dong persidangannya," tegas Marwan. 

"Memang kita jadwalkan hanya di sini saja kok 18,19,20, selesai. Ada nggak ada udah selesai," tambah politisi PKB itu. 

Karena Menag Yaqut mangkir dalam rapat pansus haji, Marwan mengatakan, pihaknya akan melaporkan ke pimpinan DPR untuk diambil langkah-langkah. Apakah Pansus akan langsung mengambil kesimpulan terkait investigasi pelaksanaan haji atau seperti apa. 

"Kesimpulan. Kita setelah selesai nanti kita laporkan ke pimpinan DPR, sikap menteri yang tidak hadir ini seperti apa sikapnya, nanti pimpinan DPR yang akan mengambil langkah-langkah," pungkas Marwan